Ads


» » » Kemenhub Berencana Audit Semua Kapal Miliknya


Ilustrasi Kapal
Jakarta, eMaritim.com � Selama ini Kementerian Perhubungaan (Kemenhub) banyak lauching kapal seperti, Kapal Navigasi,  Ro-Ro, kontainer, kapal rakyat, pandu, ternak, hingga kapal perintis, nantinya kapal-kapal tersebut akan di audit berkala terhadap pengelolaan kapal negara, agar kapal baru yang dibangun bisa berumur panjang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan menggelar lelang bagi pihak ketiga untuk mengelola 124 kapal negara. Kapal-kapal tersebut terdiri dari beragam jenis, mulai dari kapal penumpang, kapal barang, hingga kapal ternak.

"Kami cari tim [untuk melakukan] audit setiap 3 bulan atau 1 tahun setelah dapat hak pengelolaan," ujarnya seperti dikutip dari Bisnis.com, usai meninjau persiapan peluncuran kapal di Pelabuhan Manyar, Gresik, Kamis (8/3/2018).

Rencananya, hari ini akan diluncurkan sepuluh kapal negara yang dibuat oleh perusahaan galangan dalam negeri. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya merupakan kapal perintis dengan seri nama Sabuk Nusantara.

Perinciannya, satu unit kapal perintis berukuran 2.000 GT dan lima unit berukuran 1.200 GT. Sementara itu, empat kapal lain yakni dua unit kapal kontainer berkapasitas 100 TEUs dengan seri nama Kendhaga Nusantara, satu kapal ternak Camara Nusantara, dan satu kapal latih.

Sebelumnya, Kemenhub meminta saran ke sejumlah alumni perguruan tinggi negeri, termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember terkait dengan pengelolaan 124 kapal negara yang rampung bulan depan. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini