Ads


» » » Film Dokumenter: Kisah Heroik Pelaut Indonesia dalam " Indonesia Calling" di Australia Saat Perang Kemerdekaan

Jakarta,30/01/2018,eMaritim.com - Indonesia Calling adalah film dokumenter pendek Australia 1946 yang disutradarai oleh Joris Ivens dan diproduksi oleh Federation of Waterside Workers 'Federation. 

Film ini memberi gambaran sekilas tentang pasca-Perang Dunia II di Sydney saat pelaut dan pekerja pelabuhan sepakat untuk menolak melayani kapal-kapal Belanda (yang dikenal sebagai Armada Hitam) yang berisi senjata dan amunisi yang ditujukan untuk Indonesia untuk menekan gerakan kemerdekaan negara tersebut.

Pembuatan film Ivens dari peristiwa yang berlangsung secara bertahap menjadi simbol bahkan bagi mereka yang belum pernah menonton film tersebut dan terus berkembang di Belanda, jauh sebelum film tersebut mendapat penonton.

Joris Ivens menderita penganiayaan karena pendiriannya tentang Belanda dan Indonesia. Ivens yang memiliki paspor Belanda disita oleh pihak berwenang Belanda selama beberapa bulan  untuk memantau keberadaannya. 

Akhirnya, pada tahun 1985, pemerintah Belanda menganugerahkan Ivens dengan penghargaan Golden Calf. Pada upacara tersebut, menteri Belanda memberikan pidato dan dalam kata-katanya, "Tak lama setelah perang, anda mendukung hak Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri dan film Anda "Indonesia Calling" membawa Anda ke dalam konflik dengan pemerintah Belanda  Sekarang saya dapat mengatakan sejarah itu telah turun lebih jauh di sisi Anda daripada di sisi lawan Anda. " (*)

sumber: wikipedia dan youtube


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini