Ads


» » » KM Dorado Karam di Perairan Kendawangan, Kalbar


Ilustrasi
Kalimantan, eMaritim.com Banyaknya kapal yang karam saat cuaca buruk menjadi hal yang menakutkan bagi dunia pelayaran, kini KM. Dorado Karam di Perairan Kendawangan, Kalimantan Barat pada 12 Desember 2017 lalu.

Kapal Milik PT. Indovitek Pontianak ini berangkat dari Gresik pada hari Sabtu, 9 Desember 2017 tujuan Pontianak, dengan muatan Pupuk.

Kapal tersebut mengalami kebocoran pada lambung kiri kapal, sehingga air masukmenyebabkan kapal miring dan tak bergerak, sebelumnya setelah berjam-jam melakukan upaya penyelamatan kapal tersebut namun tak membuahkan hasil, dan nahkoda memutuskan untuk meninggalkan kapal.

Kapal kemudian di lego jangkar pada posisi 2� 31. 563' s / 109� 48. 262' e sekitar 22 nautical milesebelah barat kendawangan .  Sekoci dan liferaft diluncurkan lalu semua crew naik ke sekoci pada sekitar pkl. 15.00 wib .

Menurut info yang diterima eMaritim.com korban yang selamat bertahan di sekoci sembari mengirimkan sinyal isyarat darurat untuk mendapatkan bantuan.

Beruntung isyarat tanda bahaya yang diluncurkan  berhasil mencuri perhatian . Sekitar 4 mil dari lokasi kejadian , ada aktifitas pengapalan bauxite milik pt. Hpam ( harita group).

Setelah menjalin komunikasi radio , loading master kemudian mengirimkan dua buah kapal tunda , tb. Rita 106 dan tb. Longiram 28 milik pt. Lima srikandi jaya (harita group) untuk proses evakuasi.

Kedua kapal tunda tersebut tiba di lokasi kejadian pada pukul 19.15 wib , lalu mulai melakukan evakuasi. Seluruh korban selamat . Nahkoda beserta 14 abknya ini kemudian dinaikan keatas kapal tb. Longiram 28 lalu dibawa menuju mv. Winning brother untuk beristirahat dan menjalani pengobatan sambil menunggu kabar dari pihak perusahaan dan syahbandar setempaT .

Berikut data seluruh korban selamat :

1. Siti ( P. 42 tahun. Nahkoda )
2. Bambang Jalil ( L . 52 tahun. KKM )
3. Widia Hastono (L.27 tahun. MUALIM 1)
4. Aji Gunawan Andika Yogisyahputra ( L. 22 tahun . MUALIM 2 )
5. Zulharfah (  L . 23 tahun . MASINIS 3 )
6. Richo Richard Yapari ( L. 22 tahun. JURU MINYAK)
7. M. Sandi Try Wibowo ( L. 18 tahun . JURU MINYAK )
8. Akmaludin ( L. 21 tahun . JURU MUDI )
9. Abdul Basid (L. 22 tahun. JURU MUDI)
10. Ronaldo ( L. 20 tahun . JURU MINYAK)
11. Jaya Ikram ( L. 21 Tahun. JURU MINYAK )
12. Rijjal Yogamasyahputra ( L. 21 tahun , JURU MUDI )
13. Teguh Radika ( L. 26 tahun , MASINIS 2)
14. Nasrul ( L. 45 tahun . JURU MUDI )
15. Basri ( L. 40 tahun . CRANE OPERATOR ). 

(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini