Ads


» » » Pelindo II Berencana Rilis Anak Perusahaan Baru

Dirut Pelindo II/IPC, Elvyn G. Masassya \ Istimewa
Jakarta, eMaritim.com - PT. Pelabuhan Indonesia Investama (PII) akan menjadi salah satu anak usaha baru PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) dan mendapat persetujuan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan direncanakan akan dirilis pada pekan depan.

Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G Masassya mengungkapkan, PII menjawab kebutuhan pengembangan bisnis pendukung Pelindo II. Selain itu, entitas anak usaha ini bakal meningkatkan kapasitas, pendanaan, penguatan, pengelolaan risiko, investasi, serta peningkatan kapabilitas pengelolaan Pelindo II.

"Patut dibanggakan pula karena PII juga merupakan perusahaan investasi pertama yang dimiliki oleh sebuah badan usaha pelabuhan (BUP)," terang Elvyn dalam acara stakeholder gathering Pelindo II di Jakarta, Kamis (16/11), seperti dikutip beritasatu.com.

Terkait pendanaan, Elvyn mengatakan, pihaknya telah menyetor modal sebesar Rp200 miliar untuk PII. Adapun modal dasar PII ditetapkan Rp1 triliun.

"Secara bertahap IPC bakal terus menyuntik modal untuk kebutuhan ekspansi PII," tuturnya, seperti dilansir bisnis.com.

Elvyn menambahkan, pihaknya juga telah menyelesaikan seluruh persyaratan yang diwajibkam dalam kaitannya untuk melaksanakan initial public offering (IPO) anak perusahaan, yakni PT Jasa Armada Indonesia (JAI).

"IPO PT JAI akan segera dilaksanakan pada akhir tahun ini," ungkap Elvyn.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan Pelindo II Iman Rachman menyebutkan, PII akan dirilis pada pekan depan. "Minggu depan akan lahir anak perusahaan yang merupakan investment company. Ini anak usaha pertama kami terkait investment company," ujar Iman.

Sementara itu, menurut Iman, IPO PT JAI bakal dilaksanakan pada Desember 2017. Ia menambahkan, anak perusahaan Pelindo II ini bergerak di bidang jasa pemanduan dan penundaan kapal. "Tahun depan, kami juga akan melakukan IPO untuk dua anak perusahaan lagi, yakni Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) dan PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP)," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya memang berkomitmen mengembangkan anak-anak perusahaan yang jumlahnya ada 16 entitas. Ia menyatakan, kontribusi anak perusahaan terhadap pendapatan total Pelindo II sudah mencapai 45 persn dan diharapkan lebih besar lagi ke depannya.

"Untuk anak-anak perusahaan, kami tidak hanya ingin mereka bekerja di lingkungan Pelindo II, tapi berkembang ke tempat lain," pungkasnya.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini