Ads


» » » Kapal Selam Argentina Hilang di Samudera Atlantik

Ilustrasi | Istimewa
Jakarta, eMaritim.com - Kapal Selam Argentina, ARA San Juan, hilang di perairan Samudera Atlantik, banyak negara sekitar yang membantu dalam musibah tersebut, pencarian mengalami hambatan dikarenakan adanya badai laut di sekitar titik lokasi kapal selam hilang sinyal.

Dilansir dari Reuters, Senin (20/11/2017), ARA San Juan mengangkut 44 awak dalam perjalanannya. Admiral Angkatan Laut Gabriel Gonzalez mengatakan, pesawat-pesawat Amerika Serikat yang membawa tim spesialis bawah laut telah tiba di Argentina untuk membantu proses pencarian.

Lebih dari puluhan kapal dan pesawat terbang dari Argentina, Amerika Serikat, Inggris Raya, Chile, dan Brazil turut serta dalam pencarian kapal tersebut.

Posisi ARA San Juan terakhir diketahui pada Rabu (25/11) lalu. Kapal ARA San Juan dilaporkan berjarak 286 mil dari pantai Argentina.

Pihak berwenang telah melakukan pemindaian mulai dari permukaan laut yang berombak hingga kedalaman 26 kaki dengan kecepatan angin sekitar 40 knot. Kondisi ini dikatakan Gonzalez mempersulit pencarian kapal ARA San Juan.

"Sayangnya kondisi ini diperkirakan akan berlangsung selama 48 jam ke depan," ujar Gonzalez dari pangkalan angkatan laut Mar del Plata.

Dilansir BBC, kapal tersebut terakhir kali mengontak pada Rabu pagi. Kapal terakhir terlihat di sekitar Teluk San Jorge. ARA San Juan melakukan perjalanan dari Tierra del Fuego yang berada di Argentina selatan menuju markas mereka di Mar del Plata.

Namun pada Sabtu (18/11) pukul 10.52 waktu setempat, ada sinyal yang dikirimkan oleh ARA San Juan. Sinyal kembali muncul pada pukul 15.42, kata Kementerian Pertahanan Argentina seperti dilansir CNN.

Meski muncul sinyal selama sekitar 36 detik, tetapi tak ada komunikasi yang dilakukan. Angkatan laut Argentina kini menggandeng sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang satelit untuk membantu proses pencarian.



(*/Detik)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini