Ads


» » » Tekan Biaya Logistik, Pelindo I Berencana Buka Rute Baru

Istimewa
Jakarta, eMaritim.com � Demi menarik minat para pengusaha kargo yang terbiasa menggunakan jalur darat, PT Pelindo I berencana menyediakan rute pelayaran jarak pendek atau short sea shipping dengan rute Pelabuhan Belawan-Pelabuhan Malahayati.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan, rute Medan-Banda Aceh merupakan jalur yang sarat muatan sehingga menjadi potensi yang menjanjikan bagi rute yang akan dirintis tahun depan. Ia menambahkan, dengan angkutan laut, biaya logistik dari Medan ke Banda Aceh bakal lebih rendah.

Menurut Bambang, saat ini memang sudah beroperasi rute kapal dari Jakarta langsung menuju Malahayati dua kali dalam sepekan. Namun, potensi pasar rute darat Medan-Banda Aceh lebih menggiurkan untuk digarap.

"Nanti anak usaha kami, Prima Indonesia Logistik akan charter kapal. Untuk tahap awal dua kapal dulu," ujarnya, seperti dilansir bisnis.com, Senin (30/10).

Saat ini, Pelabuhan Malahayati juga telah dikembangkan Pelindo I dengan panjang dermaga mencapai 384 meter. Dermaga ini dapat menampung tiga kapal ukuran 100 meter dengan muatan 300 TEUs petikemas sekaligus. Pelabuan ini juga dilengkapi peralatan bongkar muat petikemas seperti satu unit Harbour Mobile Crane (HMC), tiga unit forklift, reach staker, dan enam unit truk pengangkut petikemas.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini