Ads


» » » Kuartal Ketiga 2017, Arus Petikemas DP World Capai 52,3 Juta TEUs

Istimewa
UEA, eMaritim.com � Hingga kuartal ketiga tahun 2017, Dubai Port World, salah satu operator pelabuhan global asal Uni Emirat Arab mencetak arus petikemas mencapai 52,3 juta TEUs. Angka tersebut merupakan peningkatan 10 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun 2016 .

Chairman & CEO DP World Group, Sultan Ahmed Bin Sulayem mengatakan, pemulihan perdagangan global di 2017 berada di atas ekspektasi dan perseroan melihat ada perubahan prediksi yang signifikan dari kalangan ekonom dan pakar industri. Global Trade Outlook yang dirilis Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sebelumya juga menaikkan proyeksi pertumbuhan dari 2,4% menjadi 3,6%.

Saat perdagangan dunia menggeliat, DP World menurut Sultan Ahmed turut menikmati benefit. Tiga kawasan yang menjadi wilayah kerja DP World seluruhnya mencetak pertumbuhan. Asia Pasifik dan India mencetak pertumbuhan arus petikemas 8,3% sedangkan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika 10,8%.

Kawasam Amerika dan Australia menjadi kawasan dengan pertumbuhan arus petikemas tertinggi sebesar 14,1%.

"Kami memperkirakan pertumbuhan volume kami bakal terus mengungguli pasar. Mengingat kinerja yang menggembirakan sejauh ini, kami tetap bertahan untuk memenuhi target sepanjang 2017,"jelas Sultan Ahme dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Jumat (27/10/2017), seperti dikuitp bisnis.com.

Selama kuartal III/2017, DP World telah menambah kapasitas arus petikemas di Terminal 3 Pelabuhan Jebel Ali, Uni Emirat Arab dan 500.000 TEUS di Pelabuhan Prince Rupert, Kanada. Tambahan kapasitas itu bakal memberikan ruang pertumbuhan bagi DP World di kemudian hari.

DP World juga masih mencari kesempatan untuk meningkatkan kapasitas portofolio di Amerika Latin, Afrika dan India di mana tiga wilayah itu memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan. Sebagiamana diketahui, Pada 2016, DP World mengopersaikan 78 terminal yang tersebar di 40 negara.

Total petikemas yang ditangani DP World mencapai 64 juta TEUs (twenty-foot equivalent units) dan diperkirakan bakal mencapai 100 juta TEUs pada 2020 sejalaan dengan rencana pengembangn terminal baru.

Di Indonesia, DP World juga menjadi pengelola PT TPS bersama PT Pelindo III (Persero). DP World memiliki 49% saham TPS. Namun, pada pada April 2019 DP World bakal menyerahkan bagian partisipasi di TPS seiring berakhirnya kontrak pengelolaan.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini