Ads


» » » Peringati Hut RI, Pelni Adakan Upacara di Atas Kapal


Jakarta, eMaritim.com - Untuk memperingati HUT Ke-72 Republik Indonesia, PT Pelni (Persero) melaksanakan upacara bendera secara serentak di atas seluruh kapal penumpang. Pengibaran bendera merah putih dilakukan di atas 23 kapal penumpang Pelni dengan Nakhoda Kapal bertindak sebagai inspektur upacara dan anak buah kapal sebagai petugas dan peserta upacara.

Corporate Secretary PT Pelni, Didik Dwi Prasetio mengatakan bahwa aksi upacara HUT RI tahun ini menjadi momentum bagi Pelni untuk menunjukan penghormatan kepada para pahlawan kemerdekaan yang telah memberikan pengorbanan jiwa dan raganya bagi bangsa ini. "Kami ingin menunjukan rasa takzim kepada seluruh pahlawan yang telah berjuang, baik yang bertempur di daratan, maupun bertempur di lautan. Mewakili seluruh insan Pelni yang ada di daratan dan lautan, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-72 untuk Republik ini, mari Indonesia Kerja Bersama."

Upacara kemerdekaan kali ini dilakukan di kapal penumpang Pelni, yang diantaranya tengah berlayar seperti di KM. Kelud, KM Tatamailau, KM Bukit Siguntang dan KM Kelimutu. Selain Nakhoda sebagai inspektur upacara, ABK lain yang dilibatkan sebagai petugas upacara antara lain Kepala Kamar Mesin, perwira kapal setingkat Mualim, serta ABK lainnya dengan lebih junior. Lokasi upacara terletak di area paling atas kapal atau yang biasa disebut top deck.

Upacara kemerdekaan di atas kapal Pelni berlangsung khidmat dan sukses, meski matahari pagi terasa menyengat. Kekhusyukan upacara juga dapat dirasakan penumpang kapal saat naskah proklamasi ikut dibacakan melalui pengeras suara.

Setelah upacara berlangsung, ABK kapal Pelni mengajak serta penumpang kapal untuk mengikuti lomba kemerdekaan, seperti tarik tambang, makan kerupuk dan adu joget berpasangan dengan balon air sebagai penyemarak suasana. Keseruan lomba kemerdekaan ini digelar di dek-dek kapal Pelni yang dapat disaksikan oleh penumpang lainnya.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di atas kapal merupakan kegiatan rutin bagi seluruh kapal Pelni baik yang sedang berlayar di tengah Samudera maunpun sedang bersandar Nakhoda memimpin upacara. Dirgahayu Indonesia. Merdeka! (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini