Ads


» » » Mentan Minta Bulog Segera Serap Panen Jagung, Harga Tak Boleh di Bawah Rp 2300/Kg

Tuban,BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman minta Bulog segera menyerap panen jagung, tetapi harganya tak boleh di bawah Rp 2300/kg.

"Coba wartawan tulis ya, harga jagung di Tuban anjlok sampai Rp 2300/kg.Bulog di sini siap panen jagung.Nego dengan baik, tetapi harganya tak boleh turun lagi dari Rp 2300/kg," pesan Mentan Andi Amran Sulaiman usai panen raya di Desa  Banyubang,Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban,Provinsi Jawa Timur,Sabtu (5/3/2016).

"Kalau harga jagung di bawah Rp 2300/kg ,silahkan petani lapor kepada saya di Jakarta.Saya beri tiket pesawat gratis, tetapi satu orang saja ya.Dua hari lalu saya ditelepon Presiden diberi arahan supaya terus memonitor harga jagung," ucap Mentan.

Dikatakannya lagi di Kabupaten Tuban ada 1,5 juta hutan produksi.Seluas 24 ribu hektar lahan jagung mendapat bantuan benih gratis dari pemerintah.Sedangkan untuk seluruh Indonesia 1,3 juta benih jagung diberikan secara gratis.

"Di sini produksi  produksi jagung mencapai 8 ton.Hari ini di Kabupaten Tuban 160 ribu ton jagung siap panen," katanya.

Pada saat berdialog dengan  seorang petani jagung  bernama Maliki, 45 tahun, yang mengeluhkan masalah pengadaan pupuk di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan,Kabupaten Tuban, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan di seluruh Indonesia sejak menjadi menteri pertanian para petani selalu mengeluh sulitnya memperoleh pupuk, bahkan pupuk sering terlambat.

"Setelah tujuh bulan ini baru saya dengar lagi petani jagung kesulitan memperoleh pupuk.Pak Maliki jemput bola ya, urus ke kadis, sebab pupuk tak bisa turun dengan sendirinya.Gara-gara pupuk ini sudah 40 orang  saya masukkan ke penjara.Kalau masih aaa yang main-main dengan pengadaan pupuk ini Pak Dandim dan Pak Kapolres saya perintahkan untuk ditangkap," tegasnya.

Sementara tentang Inseminasi Buatan (IB), maksimal hanya dua kali."Pengantin baru saja tak langsung hamil.Apalagi ini baru," ucapnya.

Mengenai benih jagung yang juga ditanya petani dalam dialog tersebut,Mentan Andi Amran Sulaiman langsung bertanya lagi," Apakah petani jagung di sini ada yang sudah dapat benih jagung gratis?Kok tak ada ya.Tahun lalu pemerintah memberikan benih jagung gratis 5 ribu, tahun ini 24 ribu, sehingga tahun ini naik 400 persen," katanya.

Sugihartono, petani jagung lainnya dalam dialog tersebut bertanya tentang hortikultura."Selain jagung di sini petani juga tanam cabai.Namun pas panen raya harga cabai anjlok Rp 4000 sampai Rp 3000/kg,jarang ada yang mencapai Rp 10 ribu/kg.Padahal omzet cabai pada saat panen raya di Kabupaten Grabagan bisa mencapai Rp 2 miliar.Bagaimana saat panen raya harga cabai dan kacang tak anjlok.Janganlah kita selalu impor hortikultura, biar petani bisa beli mobil Toyota Avanza Pak Menteri." katanya sambil tertawa.

Pada kesempatan itu Sugihartono juga minta kepada Mentan untuk dibangun sebuah embung di Kecamatan Grabagan.Sebab di Kabupaten Tuban ini kalau musim hujan kebanjiran, dan bila tiba musim kemarau sering kekeringan.

"Harus saya jelaskan ulang tak benar pemerintah kurang perhatikan hortikultura.Anggaran hortikultura dari Rp 600 miliar menjadi Rp 1,4 triliun.Kemudian untuk cabai tahun 2015 lalu ada permintaan untuk impor 30 ribu ton,tetapi kami tolak.Pada saat itu yang terjadi malah ekspor bawang naik 100 persen tahun 2015.Kemudian jagung ekspor  naik 1800 persen yaitu ekspor jagung 250 ribu ton untuk tahun 2014 dan 2015," katanya.

Untuk pembangunan embung di Kabupaten Tuban Mentan Andi Amran Sulaiman berjanji pihaknya akan beri satu embung.

"Terakhir permintaan embung melalui DAK Insya Allah kami akan beri embung.Lahan siapkan ya, dan cari, sebab uangnya sudah ada dan sudah siap," kilahnya.(lasman simanjuntak)

Teks Foto : Mentan Andi Amran Sulaiman usai panen raya di Desa  Banyubang,Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban,Provinsi Jawa Timur,Sabtu (5/3/2016), langsung mengadakan dialog terbuka dengan para petani jagung. (Foto : Lasman Simanjuntak)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini