breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Seharusnya Kemendag Jadi 'Corong' Penjualan Produk Dalam Negeri

Share This

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Salah satu peran penting yang dimiliki Kementerian Perdagangan (Kemendag) adalah menjadi ‘corong’ penjualan produk-produk dari dalam negeri untuk dipasarkan ke manca negara. Dengan begitu, maka produk dalam negeri bisa mendapat pasar yang baik, sehingga produsen dalam negeri mampu meningkatkan penghasilannya.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR, Ibnu Multazam menanggapi kecenderungan Kemendag untuk menerapkan kebijakan yang selalu berorientasi impor. 

“Kemendag itu harus menjadi agen nasional di luar negeri agar produk lokal bisa laku dijual dengan harga yang layak di luar negeri”, katanya, di Jakarta,  Kamis (11/2/2016).

Tapi yang terjadi saat ini, menurut Multazam adalah begitu gampangnya produk-produk asing memenuhi pasar dalam negeri. Ini menjadikan produk yang dihasilkan oleh produsen dalam negeri, termasuk petani, tidak laku dijual. 

Kementerian Perdagangan, lanjut Multazam, harusnya mengusahakan menjual barang dalam negeri ke luar. Yang terjadi saat ini kan hanya menjadikan Indonesia sebagai obyek pasar produk asing saja.

“ Ini impor lagi, impor lagi. Jagung juga diimpor. Beras yang sudah diimpor beberapa waktu lalu, kabarnya sedang bersiap akan ada yang masuk," katanya dengan nada suara geram.

Multazam berharap pemerintah negara ini tidak terlalu menggampangkan impor, terutama untuk bahan kebutuhan pokok yang dihasilkan petani-petani lokal. Hal ini diharapkan agar produk petani bisa laku di pasaran dalam negeri sendiri.

“Kabarnya kita surplus, tapi koq impor terus”, pungkasnya.

 (press release humas kementan/lasman simanjuntak)
sumber foto : www.google.com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama