breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Mentan Sambut Kedatangan Sapi dari NTT di Pelabuhan Tanjung Priok

Share This

Tanjung Priok, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ,Selasa pagi (9/2/2016) sekitar pukul 06.30 WIB menyambut kedatangan kapal khusus ternak (toll laut) KM.Camara Nusantara I di Terminal Kedatangan Pelabuhan Tanjung Priok.
KM.Camara Nusantara I membawa muatan sapi sebanyak 500 ekor terdiri dari 300 ekor sapi Bali yang diangkut dari Pelabuhan Tenau Kupang NTT dan 200 ekor sapi Sumba Ongole yang diangkut  dari Pelabuhan Waingapu dengan pelabuhan terakhir Pelabuhan Tanjung Priok.
Berdasarkan  rekapitulasi data pengajuan  Shipping Instruction (SI) sampai tanggal 29 Januari 2016 terdapat 13 perusahaan yang telah mengajukan permintaan untuk menggunakan kapal khusus ternak dengan jumlah ternak keseluruhan  1.063 ekor.
Untuk pelayaran kali ini telah ditetapkan  9 perusahaan sebagai  calon pengguna kapal, mengingat kapasitas kapal  memiliki  500 ruangan, sehingga ternak yang lainnya akan dimuat pada pelayaran berikutnya.
Hal ini membuktikan bahwa  ketersediaan sapi potong di Provinsi NTT cukup banyak untuk dapat memenuhi angkutan kapal khusus ternak ke daerah konsumen.Kisaran harga sapi di pelabuhan  bervariasi dan ditentukan berdasarkan B to B (Businnes to Business), sedangkan bobot badan ternak yang dikirim antara 275kg-325 kg.
"Dari sisi efisiensi biaya keberadaan kapal khusus ternak ini diharapkan mampu menghemat biaya, kemudian mengurangi susut ternak selama perjalanan karena menerapkan prinsip animal welfare selama perjalanan," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Setelah tanggal 2 Februari 2016 ,jadwal pelayaran kapal khusus ternak selanjutnya pada 16Februari 2016 dan 1 Maret 2016.
Kementerian Pertanian akan mensosialisasikan  jadwal tersebut  dan mendistribusikannya kepada dinas yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan yang berada pada rute pelayaran serta BUMN/BUMD.Untuk selanjutnya dinas-dinas tersebut dapat menginformasikan kepada calon pengguna kapal.(**/lasman simanjuntak)

Teks Foto : Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Selasa pagi (9/2/2016) sekitar pukul 06.30 WIB langsung menyambut kedatangan kapal ternak sapi KM.Camara Nusantara I yang berlabuh membawa 500 ekor sapi dari Provinsi NTT di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mentan  masuk ke dek kapal untuk melihat langsung sapi-sapi yang merupakan pesanan Pemprov DKI Jakarta. Usai melakukan tinjauan langsung, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan jumpa pers di salah satu ruangan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)
 
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama