breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Marco Panggabean : Kita Beri Pelajaran kepada Para Petani 2 X Tanam Padi akan Tingkatkan Produksi

Share This

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara,  tahun 2016 ini mengusulkan atau mengajukan seluas  500 hektar cetak sawah baru. Tampak Areal tanam padi yang sedang dikerjakan para petani berlokasi di Desa Sangkaran, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Foto diambil Selasa, 19 Januari 2016. (Foto :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Tarutung, BeritaRayaOnline, - Dalam rangka percepatan tanam padi, para petani di Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara mulai tanam (tanam raya) sejak November-Desember 2015 dan Januari 2016. Namun, untuk panen dilakukan pada Juni 2016 karena pada bulan ini para petani butuh dana untuk biaya sekolah anak-anaknya.

"Para petani 2 kali tanam padi khususnya di daerah Pahai.Kita beri pelajaran kepada para petani 2 kali tanam padi  akan tingkatkan produksi , " jelas Marco T.P.Panggabean, Kepala Dinas Pertanian  dan Perkebunan Kabupaten Tapanuli Utara kepada wartawan BeritaRayaOnline di Tarutung, Taput, Selasa, 19 Januari 2016.


Menyinggung tentang program upsus pajale (padi, jagung, dan kedele), ia mengatakan di Kabupaten Tapanuli Utara hanya ada tanaman padi dan jagung, sedangkan tanaman kedele tak ada.


Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Marco T.P.Panggabean didampingi Marihot Hamonangan Panggabean, Kepala Bagian (Kabag) Humas, Kementerian Pertanian sedang diwawancarai wartawan BeritaRayaOnline di ruang kerjanya di Tarutung, Taput, Provinsi Sumatera Utara, Selasa siang, 19 Januari 2016. (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)


"Kendala untuk dataran tinggi (seperti di Kabupaten Tapanuli Utara-red), di sini belum ada  benih unggul untuk dataran tinggi. Oleh karena itu kita perlu adaptasi-kan untuk dataran tinggi ini.Belum lagi kawasan di sini ber-tangga-tangga, sehingga tidak cocok gunakan traktor. Hand traktor karena ini program khusus kita selalu libatkan Kodim setempat ," ujar Marco T.P Panggabean.

Ditanya soal pengadaan pupuk, dijelaskan ada pupuk bersubsidi bayar pasca panen. Hal ini dikarenakan para petani di Kabupaten Tapanuli Utara beli pupuk bukan berdasarkan rekomendasi, tetapi berapa petani punya uang.

"Pasca panen perusahaan daerah akan sediakan pupuk bersubsidi. Setelah panen petani bayar ke perusahaan daerah. Sebab seluruh pupuk bersubsidi melalui perusahaan daerah," katanya. (lasman simanjuntak)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama