breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
NTP Naik Indikasikan Kesejahteraan Petani meningkat

Share This

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data nilai tukar petani (NTP) pada Desember 2015 mengalami penurunan sebesar 0,11 persen dibanding bulan sebelumnya.
Menteri Pertanian (Mentan) Andy Amran Sulaiman menyatakan, kesejahteraan petani tetap meningkat sepanjang 2015.

Menurutnya, kesejahteraan petani ini tidak dapat dilihat berdasarkan perubahan angka NTP dalam satu bulan. Masyarakat perlu melihat berdasarkan angka kenaikan produksi dan nilai jual yang saat ini dapat dinikmati oleh petani.

“NTP Desember Turun 0,11. Tapi coba lihat, produksinya naik apa tidak? penghasilannya naik apa tidak? Naik kan? Ya sudah berarti petani kita sejahtera,” ujarnya kepada pewarta setelah melakukan inspeksi mendadak di Pasar induk Cipinang, Jakarta, Rabu (6/1/2015).

Menteri Pertanian Andy Amran Sulaiman usai kunjungi pasar induk beras Cipinang
Menteri Pertanian Andy Amran Sulaiman usai kunjungi pasar induk beras Cipinang
Sekadar informasi, berdasarkan data yang dirilis BPS, NTP secara nasional pada Desember turun 0,11 persen dibandingkan NTP bulan November 2015, yaitu dari 102,95 menjadi 102,83.
Penurunan NTP ini disebabkan karena kenaikan indeks harga yang diterima oleh petani sebesar 0,77 persen tidak sebesar kenaikan indeks harga yang harus dibayarkan oleh petani yang mencapai 0,89 persen. (www.pertaniantoda.com/lasman simanjuntak)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama