breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Mentan : Pasokan Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Masih Aman dan Harga Terkendali

Share This

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Dirjen Tanaman Kementerian Pertanian Hasil Sembiring sedang mengnjungi salah satu toko beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) , Rabu siang (6/1/2016). (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ,Rabu siang (6/1/2016) memantau langsung harga beras di Pasar Induk  Beras Cipinang (PIBC)  Jakarta Timur (PT.Food Station Tjipinang Jaya, perusahaan BUMD DKI) . Kunjungan 'sidak' ini juga untuk mengecek pasokan beras, serta pelaksanaan Operasi Pasar (OP) beras yang dilakukan Perum Bulog.

""Harga beras harus kita jaga bersama, terkendali. Sekarang ini ada operasi pasar. Harganya Rp 8.300/kg di end user (konsumen).Hari Raya Natal dan Tahun Baru  kemarin beras tidak ada masalah.Bahkan sudah lewat dua bulan ini beras tak ada masalah,"ujar Mentan Andi Amran Sulaiman. .

Saat meninjau salah satu toko penjual beras Mentan mengatakan pada Februari 2016 kita akan panen 1 juta hektar (ada 6 juta ton) ."3,5 juta ton berasnya,  tinggal tiga minggu lagi,"selanya.


 Kedatangan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  ke pasar yang menjadi barometer harga nasional ini, bertujuan untuk monitor pasokan, aktifitas operasi pasar dan ketersediaan beras bagi masyarakat di Jabodetabek.

Menurut Amran Sulaiman, pemerintah bersama Bulog telah menyiapkan stok hingga 150 ribu ton untuk menjamin ketersediaan beras agar harga tetap stabil hingga memasuki musim panen pada Februari nanti.

“Operasi Pasar nanti berjumlah 150 ribu ton sampai akhir Januari,” ujarnya.

“Pasokan berasnya sebagian besar dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan kualitas medium dan premium. Kita akan jaga harga sekarang tetap stabil.” katanya.
 
Mentan Andi Amran Sulaiman langsung turun ke lapangan didampingi Direktur Utama PT Food Station Arief Prasetyo Adi selaku pengelola pasar beras terbesar di Indonesia,  Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring,  Direktur Komersial Bulog Fadzri Sentosa dan Ketua DPD Perpadi DKI Nellys Sukidi. 


Blusukan  Mentan Andi Amran Sulaiman  ke PIBC ini hanya berlangsung selama 15 menit. Amran yang tiba pukul 14.10 WIB hanya mengunjungi 1 toko beras yang dipilihnya sendiri untuk menanyakan ketersediaan beras.

Lalu Amran mengecek salah satu truk beras untuk OP Bulog yang berada di lapangan parkir PIBC. Usai melihat toko dan truk, Amran menyatakan kepada media bahwa pasokan beras di Cipinang masih aman.

Setelah itu, Amran segera kembali menuju mobilnya yang terletak tak sampai 100 meter dari toko beras dan truk yang diperiksanya. Pukul 14.30 WIB Amran bergegas pulang dari PIBC. (***/dbs/lasman simanjuntak)


 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama