breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Mentan Andi Amran Sulaiman Klaim Beras Impor 900 Ribu Ton Belum Beredar ke Pasar

Share This

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengklaim beras impor sebanyak 900 ribu ton yang sudah masuk ke tanah air sampai saat ini masih tersimpan di gudang belum dijual ke pasar.

“Hingga saat ini, 900 ribu ton beras impor masih di gudang Bulog. Bukti bahwa impor beras yang dilakukan Pemerintah benar-benar hanya sebagai cadangan nasional saja,” kata MentanAndi  Amran Sulaiman  di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/01/2016).

Mentan Amran menjelaskan, saat ini kebutuhan beras nasional mencapai 2,6 juta ton per bulan. Sejauh ini, produksi beras nasional masih bisa mencukupinya.

“Hingga hari ini, penduduk Indonesia belum mengkonsumsi beras impor. Konsumsi beras sebesar 2,6 juta ton per bulan bisa dipenuhi dari produksi dalam negeri,” kata Mentan Amran.

KPPU (7)_resize

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementan, Suwandi mengatakan, data BPS (Badan Pusat Statistik) pada 2 November 2015, menetapkan Angka Ramalan (Aram)-II 2015, produksi padi sebanyak 74,99 juta ton gabah kering giling (GKG). Atau naik 5,84% di banding produksi 2014.

“Atau produksinya setara beras 43,61 juta ton. Sementara konsumsi beras nasional sebesar 33,35 juta ton. Artinya, ada surplus 10,25 juta ton, tersebar di produsen, penggilingan, pedagang, industri, rumah makan, restoran, konsumen dan di Perum Bulog,” papar Suwandi.

Sementara, persediaan beras untuk Januari hingga Maret 2016, dipastikan melimpah. Mengingat, Februari nanti bakal panen 5 juta ton gabah atau setara 3,1 juta ton beras. Sedangkan Maret 2016 ada tambahan dari panen sebanyak 12,56 juta ton gabah, setara 7,9 juta ton beras.

Kalau prediksi tidak meleset, maka akan ada tambahan beras sebanyak 11 juta ton dari dua bulan itu. Angka itu sangat mencukupi karena konsumsi beras nasional hanya 2,6 juta ton per bulan.(pertaniantoday.com/lasman simanjuntak)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama