breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Kementerian PUPR akan Bantu PSU Untuk 42.700 Unit Rumah MBR

Share This


Jakarta,BeritaRayaOnline,- Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membantu prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk 42.700 unit rumah masyarakat di seluruh wilayah Indonesia pada TA 2016. Selain dapat meningkatkan kualitas lingkungan perumahan masyarakat, bantuan PSU yang jumlahnya sekitar Rp 6,2 juta per unit rumah tersebut diharapkan dapat merangsang peran serta pelaku pembangunan dalam penyediaan rumah yang mendapat subsidi dari pemerintah.

“Target bantuan PSU dari Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR untuk perumahan umum pada tahun 2016 ini berjumlah 42.700 unit rumah,” ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Ir. Irma Yanti, MT membuka secara resmi Rakor Pelaksanaan Bantuan Prasarana Sarana dan Utilitas Untuk Perumahan Umum di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Pada Tahun 2015, telah dilaksanakan Bantuan PSU kepada 29.965 unit berupa jalan lingkungan. Kedepannya Direktorat RUK Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR akan berusaha menambah komponen PSU tidak hanya jalan lingkungan, namun juga berupa ruang terbuka non hijau seperti lahan parkir dan lapangan olahraga, air minum, penerangan jalan umum dan tempat pengelolaan sampah terpadu. Dalam laporan ketua Panitia yang disampaikan oleh Yogi Hendrasworo, ST, Rakor tersebut diikuti para pengembang perumahan MBR, perwakilan dinas teknis terkait pemda, dan koordinator propinsi dari wilayah II yakni Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Menurut Ir. Irma Yanti, MT, pelaksanaan Rakor pada awal tahun 2016 ini menandai era baru pengadaan bantuan PSU untuk perumahan MBR. Adanya lelang dini PSU diharapkan juga akan semakin mempercepat proses pembangunan serta meningkatkan kualitas PSU yang dihasilkan.



Dalam Rakor ini disampaikan sosialisasi kebijakan dan peraturan yang berlaku oleh Kepala Satker Fasilitasi RUK Ir. Bambang Purwanto, MT dan Panduan Teknis Bantuan PSU oleh Yogi Hendrasworo, ST serta tata cara serah terima aset PSU ke pemerintah daerah oleh Drs. Abdul Malik, Msi serta konsultasi desk PSU sehingga koordinasi pelaksanaan bantuan.

Lebih lanjut, Ir. Irma Yanti, MT menerangkan, semua usulan lokasi PSU khususnya di lokasi perumahan masyarakat merupakan usulan dari pemerintah daerah. Usulan tersebut pada bulan November hingga Desember 2015 lalu sudah di verifikasi oleh Tim Direktorat RUK yang dipimpin oleh Ir. Kukuh Firmanto, MT selaku Kasubdit bantuan Rumah Umum dan akan dimulai pembangunannya pada awal Februari 2016 ini.

Ir. Irma Yanti, MT juga menegaskan kepada para pengembang serta perwakilan Pemda yang hadir untuk berkomitmen dalam penyaluran bantuan PSU tersebut. Dirinya berharap bantuan yang diberikan harus semaksimal mungkin memiliki kualitas yang baik apalagi bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki hunian yang layak dan nyaman.


 “Melalui penyaluran bantuan PSU ini, kami berharap masyarakat bisa nyaman tinggal di perumahan yang layak huni. Kami juga ke depan ingin agar di setiap rumah yang mendapat bantuan pemerintah ini memiliki tanaman penghijauan sehingga lingkungannya menjadi lebih hijau dan asri,” harapnya. (RISTYAN/ Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan/Lasman Simanjuntak)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama