breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Presiden Jokowi Sambut Kedatangan Kapal Ternak Perdana di Pelabuhan Tanjung Priok

Share This



Kapal Ternak 3
Jakarta,BeritaRayaOnline,-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sambut kapal pengangkut ternak KM Camara Nusantara I yang diresmikan pada November 2015 lalu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/12/2014).

“Sudah kita lihat ada sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT), sebanyak 350 sapi sudah sampai di Priok. Dari perhitungan yang kita lihat, adanya kapal ternak ini bisa menekan ongkos transportasi terutama untuk ternak sapi dari NTT yang dibawa ke Jakarta,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kegiatan tersebut Presiden RI didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Jpeg

Menteri Perhubungan ignasius Jonan mengatakan, kapal ternak dengan kapasitas 500 ekor sapi tersebut mampu mengangkut jumlah kru sebanyak 32 orang.

“Kapal ternak ini senilai kira-kira Rp60 miliar. Kemudian masih ada lima unit kapal ternak lagi yang sudah ditandatangani kontrak oleh Dirjen Perhubungan Laut melalui tahun anggaran 2015-2017,” ujarnya.

Total nilai lima kapal ternak tersebut mencapai Rp294.892 miliar dengan kontrak pada PT Adiluhung dan PT Bahtera Bahari Shipyard. “Kelima kapal tersebut nantinya juga untuk mendukung distribusi daging sapi dan kerbau nasional dalam upaya mencapai swasembada daging sekaligus menimplementasikan prinsip kesejahteraan hewan,” terangnya.

Dia menyebutkan, dengan adanya kapal ternak diharapkan biaya transportasi pengadaan sapi dari pusat peternakan untuk dibawa ke kota-kota besar, seperti Jakarta-Surabaya-Bandung-Medan-Makassar bisa ditekan.

Selain itu, Jonan mengatakan, Kemenhub akan menyediakan subsidi untuk pengoperasian kapal ternak tersebut, dengan menetapkan tarif muatan. “Pemerintah akan memberikan subsidi untuk menutup biaya operasionalnya dengan besaran per voyage mencapai Rp700 juta,” pungkasnya.(pertaniantoday.com/lasman simanjuntak)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama