Ads


» » » Mentan : Sebagian Besar Komoditas kakao di Indonesia Terkelola Masyarakat Kecil

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Kendari, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman menyatakan sebagian besar komoditas kakao di Indonesia terkelola masyarakat kecil. Berbeda dengan komoditas kepala sawit dan karet yang terkelola perusahaan besar. 

Mentan dalam kunjungan kerja ke Kendari, Minggu (20/12/2015) mengatakan pangsa pasar kakao terus meningkat setiap tahun yang terbukti dengan perolehan devisa negara dari komoditas tersebut.

"Penghasilan devisa negara melalui kakao menempati urutan ketiga setelah kelapa sawit dan karet," jelas dia.

Ia berjanji akan terus memberdayakan petani kakao, agar bisa lebih meningkatkan produktivitasnya dan meningkatkan kualitas biji kakao dengan cara melakukan fermentasi biji kakao.

"Industri kakao butuh biji kakao hasil fermentasi, karena itu nilai tambah dari fermentasi itu diharapkan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan petani," tegas dia.

Data Kementrian Pertanian (Kementan) RI mencatat produksi Kakao Indonesia pada 2014 mencapai 709.331 ton dengan luas lahan produktif 1.719.087 hektare.

"Daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia yaitu di wilayah Sulawesi dengan total mencapai 460.024 ton," kata dia.(starberita.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini