Ads


» » » Dalam Setahun Kapal Ternak Angkut 200 Ribu Sapi ke Jakarta

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan menambah jumlah kapal khusus ternak untuk mempermudah pengiriman sapi dari kawasan Indonesia timur ke Jakarta.

“Ini dirancang (mengangkut sapi) dua kali sebulan, kalau bisa tiga kali,” katanya di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (11/12/2015).

Dengan kapal ternak itu, Amran yakin, dalam setahun, akan ada 150-200 ribu sapi yang masuk ke Jakarta. Sapi lokal yang siap diangkut ke Jakarta, kata dia, berasal dari Nusa Tenggara Barat sebanyak 30 ribu ekor, dari Nusa Tenggara Timur 30 ribu ekor, dari Sulawesi Selatan 50 ribu ekor, serta dari Jawa Timur dan Lampung.

“(Kami) sudah tanda tangan, (dengan Gubernur Jakarta) Ahok dan lima gubernur lain,” ujarnya.

Kapal Ternak 8
KM Camara Nusantara I yang menjadi kapal ternak pertama Indonesia

Selain memperbaiki distribusi, Amran menjelaskan, pemerintah akan meningkatkan kualitas sapi dengan berbagai program. Salah satunya membeli indukan sapi dari Australia. “Mudah-mudahan regulasinya cepat selesai. Akan ada insentif khusus untuk yang mendatangkan indukan dari Australia.”

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini mengatakan manajemen kapal khusus ternak ini dilakukan Kementerian Perhubungan. Kapal ini, kata Banun, didesain sedemikian rupa sehingga menjadi kapal ternak.

“Ada blok-blok kandangnya. Sapi-sapi juga tak terkurung di dalam kapal, melainkan bisa menghirup udara luar,” ujarnya.

Pengerjaan kapal ternak ini menghabiskan waktu sekitar 18 bulan. Menurut Banun, sebagian komponen mesin masih diimpor meski 80 persen bagian kapal adalah barang lokal.

Kapal ternak KM Camara Nusantara 1 tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat pagi, 11 Desember 2015. Kapal khusus ini memuat 353 sapi jenis sapi Bali jantan asal Nusa Tenggara Timur. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang, NTT, sejak Minggu, 6 Desember 2015, pukul 00.15 Wita. Sapi-sapi ini menjalani waktu 5 hari 4 malam untuk sampai ke Jakarta.(pertaniantoday.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini