breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Mentan Pantau Kesiapan NTT untuk Pasokan Daging Sapi Jakarta

Share This

Kupang:,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian (Mentan) Andy Amran Sulaiman melakukan pengecekan terhadap kesiapan kondisi sapi siap potong yang ada di Instalasi Penampungan Karantina, Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pengecekan tersebut dilakukan guna mempersiapkan sapi siap potong yang akan dikirim menggunakan kapal khusus angkutan ternak untuk memenuhi kebutuhan sapi di beberapa wilayah Indonesia.

Dalam pengecekan tersebut, Amran tak sendiri. Ia ditemani oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan juga Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT Danny Suhadi. Hadir pula Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Fini Murfiani.

"Pengiriman sapi ini nanti pakai kapal kita, ada enam baru jadi satu. Kapalnya nanti lewat tol laut yang merupakan program pemerintah dan menghubungkan antardaerah dan provinsi di Indonesia," ujar Amran di Instalasi Penampungan Karantina, Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (17/11/2015).


 Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) memfasilitasi penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understand (MoU) pengadaan daging sapi untuk Provinsi DKI Jakarta dari lima provinsi pemasok daging sapi seperti Nusa Tenggata Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur (Jatim), Lampung, dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adapun untuk memudahkan pengadaan sapi di Jakarta, Kementan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan kapal khusus angkut ternak untuk memudahkan distribusi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kemenhub untuk pengadaan kapal pengangkut khusus ternak. Sebanyak enam kapal barang milik PT Pelni diubah menjadi kapal khusus angkut ternak. Saat ini, baru satu kapal yang siap beroperasi untuk mengangkut sapi, yakni KM Camara Nusantara I.

Kebutuhan daging sapi untuk wilayah Jabodetabek sebanyak 600 ribu ton per tahun. Khusus untuk DKI Jakarta, ibukota RI tersebut membutuhkan daging sapi sebanyak 185 ribu ton per tahun.(metrotvnews.com/lasman simanjuntak)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama