Ads


» » » Mentan Gelar Panen Raya Padi Hibrida di Kawasan Areal Pertanian Pt.Sang Hyang Seri Subang

Subang, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring, dan Wakil Bupati Subang Hj.Imas Aryuningsih menggelar panen raya padi hibrida Bernas Prima 3 dan Super 2 yang merupakan benih padi diproduksi  PT.Sumber Agro Semesta (SAS) di kawasan areal pertanian PT.Sang Hyang Seri,  Desa Sukamandi, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat pagi (20/11/2015).

 "Benih Bernas Prima 3 dan Super 2 hasilnya memuaskan karena hasilnya sangat luar biasa mencapai 10,4 ton per hektare di musim kemarau seperti sekarang  ini," jelas Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kepada wartawan usai menggelar panen raya padi hibrida.

Dikatakannya lagi  hasilnya bisa lebih dari itu manakala memasuki musim hujan.Bahkan bila dimusim hujan hasilnya bisa mencapai 12 ton per hektare.




"Karena salah satu yang bisa meningkatkan produksi padi nasional 5,5 juta ton per tahun adalah padi jenis hibrida seperti ini," katanya.

Menurut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman , pemerintah konsisten memproduksi benih dalam negeri  guna dapat mengurangi ketergantungan pada benih impor.

"Swasembada pangan harus pula didukung dengan swasembada benih. Keduanya memiliki keterikatan yang tidak bisa dipisahkan.Teknologi benih padi hibrida dapat meningkatkan potensi hasil panen gabah lebih tinggi dari 30 persen dibandingkan benih varietas inbrida yang biasa ditanam petani," ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Mentan, bila kita konsisten memproduksi benih dalam negeri maka akan mengurangi ketergantungan benih impor sehingga kedaulatan pangan tercapai seutuhnya sesuai dengan Nawacita pemerintahan Jokowi-JK.(dbs/lasman simanjuntak)

Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini