Ads


» » » Mentan : Ekspor Sayur Naik 32 Persen, Buah 29,9 Persen, Kita Mampu Tembus Pasar Dunia !

Bogor, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, mengklaim impor sayur dan buah dari luar negeri untuk konsumsi masyarakat Indonesia turun drastis di tahun 2015.

Pernyataan itu dilontarkan Mentan  Andi Amran  Sulaiman yang terlihat tidak terima saat seorang wartawan menanyakan produktifitas sayur dan buah Indonesia masih terpaut jauh dari negara lain.

Andi Amran lalu melepas data yang menyebut impor sayur turun 9,6 persen, impor buah dan bunga turun 16 persen.

"Tapi ekspor sayur naik 32 persen, buah 29,9 persen, artinya kita mampu menembus pasar dunia. Jangan bilang kita kalah dong," kata Mentan Andi Amran Sulaiman , Minggu (29/11/2015), di konferensi pers Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) IPB Bogor.

Penurunan impor ini, ia anggap sebagai prestasi baik dari sektor pertanian Indonesia.

"Lihat ini pineapple (nanas), pisang, sudah nembus pasar dunia. Jangan mengatakan kita kalah," katanya.

 Karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara Meriah

Karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015 berlangsung meriah, 10.000 peserta terlibat dalam acara puncak gerakan Revolusi Oranye yang berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu. 2/11/2015).

Kemeriahan Karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara lebih terasa dengan hadirnya Jember Fashion Carnaval (JFC) yang menampilkan atraksi marching band dan peserta "fashion run way" dengan busana yang sangat atraktif.

Peserta Karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara berjalan mengelilingi Kebun Raya Bogor dengan rute pelepasan di Kampus IPB Baranangsiang berjalan sejauh lima kilo meter kembali ke lokasi pelepasan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, dan Wali Kota Bima Arya Sugiarto turut serta turun berjalan mengelilingi Kota Bogor bersama peserta pawai.

"Tahun depan kita akan buat Festival Bunga dan Buah Nusantara ini lebih besar lagi, berskala internasional, dimana akan menghadirkan "buyer-buyer" dan pembeli dari luar," kata Menteri Pertanian Andi Amran. Sulaiman.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyebutkan, Pemerintah Kota Bogor telah menetapkan Festival Bunga dan Buah Nusantara sebagai ikon baru kota yang akan digelar setiap tahunnya bersamaan sama seperti peringatan Hari Jadi Bogor dan Cap Go Meh.

"Festival Bunga dan Buah Nusantara sudah menjadi ikon baru Kota Bogor yang akan kita agendakan setiap tahun seperti perayaan Hari Jadi Bogor, dan Festival Cap Go Meh," kata Bima.

Menurutnya, tahun depan akan dirancang agar Festival Bunga dan Buah Nusantara menjadi lebih semarak dengan penampilan karnaval yang jauh lebih interaktif seperti kesuksesan Jember Fashion Carnaval, dengan melalukan persiapan yang lebih matang dan lebih terstruktur.

Namun, Bima menekankan bahwa, substansi dari penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah Nusantara adalah Revolusi Oranye yakni memasyarakatkan bunga dan buah nusantara dengan meningkatkan produksi serta konsumsinya.

"Subtansi dari Festival Bunga dan Buah Nusantara adalah tercapainya revolusi oranye, tapi perayaan (selebrasi) hanya untuk tambahan wisata di Kota Bogor," kata Bima.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto menambahkan, Festival Bunga dan Buah Nusantara adalah bagian dari gerakan Revolusi Oranye yang memiliki tujuan untuk menggegapgempitakan produksi serta konsumsi buah dalam negeri.

"Mari kita majukan buah nusantara dan memulai ekspor dengan menggegapgempitakan buah nusantara, meningkatkan produksi dan konsumsinya sehingga buah nusantara menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Rektor.

Karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara menampilkan parade mobil hias, pertunjukan marching band, pertunjukan properti dan kostum, pelajar SMP dan SMA, mahasiswa umum, serta beberapa perwakilan dari daerah.

Ribuan orang tumpah ruah menyaksikan Karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara yang sudah ketiga kali diselenggarakan. Kegiatan tersebut menjadi ajang selfie para pengunjung.

"Acara tahun ini lebih seru dari tahun sebelumnya, apalagi ada Jember Fashion Carnaval, jadi lebih menghibur," kata Andi salah satu pengunjung yang datang bersama keluarganya.(tribunnewsbogor.com/antaranews.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini