Ads


» » » Mentan Andi Amran Sulaiman : Rakernas Bertujuan Membahas Kinerja 2015 dan Upsus 2016

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) merasa perlu melakukan langkah dalam bentuk Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Adapun tujuannya yakni untuk membahas kinerja Kementan selama setahun (2015), serta membuat langkah strategis Upaya Khusus (Upsus) 2016.

"Rapat kerja nasional pada hari ini menjabarkan langkah evaluasi kinerja Kementan, selama setahun (2015) yang kemudian mempersiapkan langkah strategis pada tahun 2016,"  kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman , Senin (9/1/20151), setelah membuka acara Rakernas Kementan di Hotel Bidakara, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Amran mengungkapkan apresiasinya kepada semua stakeholder yang ikut menyukseskan Upsus Kementan tahun 2015.

 "Alhamdulillah berkat kerja keras dari teman-teman semua, kepala dinas kabupaten provinsi, kabupaten kota, Dandim, Danrem, dan Babinsa di semua daerah, kita membuahkan hasil yang Signifikan," ujarnya.

Menurut Amran, jika tidak ada Upsus dari pihak Kementan, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan mengimpor beras secara besar-besaran pada tahun ini.

 "Bisa kita bayangkan El Nino pada tahun ini sangat kuat tetapi berkat Upsusini selama setahun masa pemerintahan Jokowi-JK, kita tidak Impor beras," tuturnya.

Amran pun mencatat, dampak El Nino yang terjadi pada tahun 1998 lebih rendah dibanding pada tahun ini. Di mana pada tahun 1998 Indonesia mengimpor beras sebanyak 7,1 juta ton.

 "Saat ini kita menghadapi efek El Nino yang lebih besar. Di mana jumlah penduduknya sekitar 2,50 juta jiwa. Seharusnya, kalau tidak ada UPSUS kita akan impor beras dalam jumlah yang jauh lebih besar dibanding tahun 1998," jelasnya.

Karena itu, Amran meyakini bahwa berkat UPSUS, semuanya bergerak cepat di lapangan sehingga tahun 2015, setahun pemerintahan Jokowi dan JK tidak ada impor beras. "Kita berharap dalam Rakernas ini kita bisa menyusun sebuah strategi baru untuk memperkuat UPSUS di tahun 2016," pungkasnya.
Rakornas mengangkat tema, " Modernisasi Pertanian Mendukung Percepatan Swasembada dan Peningkatan Produksi Komoditas Strategis".(jitunews.com/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini