breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Mentan Andi Amran Sulaiman Luncurkan Ekspor Nanas dan Pisang ke Jepang dan Timur Tengah

Share This

Lampung, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melepas ekspor nanas dan pisang produksi PT Nusantara Tropical Farm (NTF) ke Jepang dan Timur Tengah.

Sebelum melepas ekspor, Mentan Andi Amran Sulaiman sempat berkeliling di lahan perkebunan PT NTF yang memiliki luas 3.700 hektar ini. Mentan beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB dan disambut pemilik PT NTF, Budi Setiawan.

“Ini sebuah kebanggaan kita terus meningkatkan ekspor komoditi pertanian kita. Setelah kita mampu mengekspor 6 komoditi lainnya, sekarang kita juga mengespor buah-buahan berkualitas,” ujar Mentan Andi  Amran Sulaiman di areal perkebunan PT NTF, Way Kambas, Lampung Timur, Lampung, Rabu (11/11/2015).

Budi menjelaskan, kebun NTF berdiri sejak 1993 dan luasnya kini mencapai 3.700 hektar. Pada 2014 lalu, produksi nanas mencapai 513,58 ton nanas segar. Ekspor nanas kaleng mencapai 9.021 kontainer dan konsentrat nanas sebanyak 1.629 kontainer. Total ekspor pada 2014 mencapai 10.650 kontainer.

Kemudian, produksi 2015 meningkat menjadi 514.750 ton nanas segar. Ekspor nanas kaleng mencapai 9.535 kontainer dan konsentrat sebanyak 1.622 kontainer. Total sudah mengekspor 11.417 kontainer.

Selain itu, juga mengekspor nanas dan pisang ke beberapa negara diantarsnya Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, Jepang, China, dan Australia.

“Kami tanam pisang, jambu kristal, nanas segar, buah naga, dan pepaya. Pisang dan nanas sudah kami ekspor rutin dalam jumlah besar. Kita sedang kembangkan terus pembibitannya dan akan perluasan lahan lagi,” terang Budi.

Mentan Amran juga berkesempatan melihat proses pasca panen pisang. Tandan pisang sama sekali tidak menyentuh tanah. Tiap tandan pisang diproses dengan steril dan sangat teliti. Kotoran dibersihkan dari tiap sisir pisang.

Pisang disortir tiap sisirnya lalu dikemas dalam kotak kardua. Di akhir proses sudah siap tiga unit kontainer besar yang dilengkapi pendingin untuk mengangkut pisang untuk diekspor.(pertaniantoday.com/lasman simanjuntak)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama