Ads


» » » Mentan akan Minta Presiden Jokowi Mengadakan Lahan Pabrik Gula

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Lampung, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengaku akan meminta langsung pengadaan lahan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pabrik gula.

“Mudah-mudahan bulan depan sudah ada kabar (persetujuan pemberian lahan),” kata Mentan Andi Amran  Sulaiman saat mengunjungi pabrik gula PT Adhikarya Gemilang di Lampung Tengah, Lampung, Kamis (12/11/2015).

PT Adhikarya Gemilang merupakan perusahaan yang mengajukan izin dan mendapat lahan 30 ribu hektar dari program pengadaan 300 ribu hektar.

“Masuk program, prinsipnya Presiden setuju, cuma modelnya apakah ini pinjam atau sewa 30 tahun. Jangan ini pabrik cari lahan di Irian. Pabrik di sini, tanam tebu di Irian,” kata Amran.

Tiga pekan lalu, tambah Amran, pihaknya telah menginventarisasi seluruh pabrik gula di Indonesia. Pihaknya menemukan 15 pabrik yang mengalami idle capacity (kapasitas tak terpakai) karena tak punya lahan.

Lahan 300 ribu hektare diusulkan diberikan kepada pabrik gula. Jika lahan diolah dengan baik, produksi gula bisa cepat terwujud. Saat ini, pemerintah fokus pada pabrik yang sudah berdiri.

“Gula dengan segera (menciptakan) Rp133 triliun investasi. Yang ada dulu kita optimalkan, kemudian bangun baru,” tambahnya.

Anggota Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Sudin mengamini niatan ini. Pihaknya berniat menekan angka impor gula. Menurut Sudin, DPR bisa membantu dari segi regulasi dan keputusan politik.

“Paling tidak Kemenhut minta persertujuan, Komisi IV akan mendukung biar jelas regulasinya. Kalau keputusan politik tidak ada tidak bisa gerak,” kata Sudin saat mendampingi Mentan.(pertaniantoday.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini