Ads


» » » Gubernur Ahok Tandatangani MoU dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Menteri Pertanian Andi  Amran Sulaiman dan empat gubernur penghasil sapi yakni Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Lampung, dan Jawa Timur.

Pria yang akrap dipanggil Ahok ini menjelaskan, Pemerintah DKI Jakarta selama ini mengaku selalu kekurangan pasokan sapi untuk memenuhi kebutuhan daging warga Jakarta.

MoU ini dilakukan setelah Kementerian Perhubungan menyediakan kapal peternakan untuk mempermudah dalam pengangkutan sapi, sehingga suplai sapi untuk beberapa daerah di Indonesia termasuk Jakarta akan tercukupi.

“Hari ini MoU dengan empat Gubernur soal ketahanan daging sudah ditandatangani. Kontrak ini berlaku selama saya menjabat gubernur DKI,” kata Ahok di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (13/11/2015).
Ahok

Untuk mendukung langkah pemerintah, Ahok telah mengusulkan untuk menyediakan PD Pasar Jaya untuk proses distribusi daging tersebut.

“Pasarnya kami PD Pasar Jaya, karena dulu pasar jaya juga enggak berani jualan takut enggak disupply sapi. Nah kita ada Dharma Jaya, Kita juga dikasih hak impor tapi langsung masuk ke RPH kami,” terang Ahok.

Sementara Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, menandatangani nota kesepahaman lima gubernur ini murni merupakan upaya penyediaan daging sapi untuk wilayah DKI, bukan upaya untuk memonopoli.

“Upaya ini untuk menstabilkan harga di pasaran, dan tentunya ini bukan monopoli,” ujar Mentan Amran seusai penandatangan nota kesepahaman.

Amran menjelaskan, dalam hal ini, Kementerian Pertanian hanya sebagai jembatan untuk distribusi sapi dari daerah-daerah penghasil daging sapi ke DKI Jakarta, mengingat besarnya konsumsi daging di Jakarta yang mencapai 720 ribu ekor sapi dalam setahun atau 60 ribu ekor per bulan.

“Jadi urusannya nanti antargubernur saja. Kami hanya menjembatani,” pungkas Mentan Amran.(pertaniantoday.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini