Ads


» » » Tingkatkan Kualitas Jalan, MMS Kembali Lakukan Pelapisan

CILEGON – Banten, BeritaRayaOnline,- Demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol,     PT Marga Mandalasakti (MMS) sebagai pengusaha jalan Tol Tangerang-Merak melakukan perbaikan jalan dengan metode overlay atau pelapisan ulang jalan menggunakan aspal. 

Total pelapisan ulang jalan pada tahun 2015 ini dilakukan di sepanjang 23,1 kilometer.
Direktur Teknik dan Operasional MMS, Sunarto Sastrowiyoto mengatakan, pekerjaan overlay ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak. 

“Ini sudah merupakan tugas kami sebagai pengusaha jalan tol untuk terus meningkatkan SPM, agar pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak dapat merasakan perubahan jalan yang lebih mulus dan semakin nyaman saat melintasi tol kami,” ungkapnya.

Awal mulai proyek overlay sendiri sudah dilakukan sejak tanggal 27 Juli 2015 dan direncanakan selesai pada tanggal 23 November 2015. Namun, Ketua Divisi Pemeliharaan MMS Agung Prasetyo mengatakan bahwa pengerjaan selesai lebih cepat dari jadwal seharusnya.

Pengerjaan overlay sendiri dijadwalkan selesai tanggal 26 Oktober 2015 untuk jalur arah Jakarta, sedangkan untuk jalur arah Merak dijadwalkan selesai tanggal 30 Oktober 2015. “Untuk saat ini pengerjaan yang sudah rampung baru di jalur arah Jakarta, untuk yang ke arah Merak masih proses pengerjaan,” kata Agung.

Pada pengerjaan kali ini ada delapan titik yang dioverlay, kedelapan titik tersebut tersebar di jalur arah Jakarta sebanyak enam titk dan arah Merak satu titik, sedangkan satu titik lagi dilakukan di Ramp Serang Barat.

Pada jalur menuju Jakarta titik tersebut berada pada KM 95+425 hingga KM 93+027, KM 92+775 hingga KM 87+539, KM 74+670 hingga KM 72+432, KM 56+407 hingga KM 53+220, KM 56+407 hingga KM 53+220, KM 51+645 hingga KM 50+154, dan KM 45+349 hingga 41+000, sedangkan arah Jakarta berada di KM 57+501 hingga 58+255.

Sedangkan untuk di Ramp Serang barat dilakukan overlay sepanjang 521 meter. Sisanya, ada beberapa titik yang hanya dilakukan perbaikan dengan menggunakan metode scrap fill atau penambalan jalan. “Beberapa juga kami lakukan scrap fill seperti di jembatan Bitung KM 26 dan juga di KM 45 hingga 47 arah Jakarta,” katanya.

Untuk menjajal overlay ini, MMS juga mengundang komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) wilayah Serang, Pandeglang, Rangkas dan Cilegon (SEPARACI). TACI akan diajak menyusuri jalan tol yang sudah dilapisi ulang aspal mulai dari Gerbang Tol Cilegon Barat menuju Gerbang Tol Cilegon Timur. 

Kegiatan Overlay yang dilakukan setiap tahunnya ini juga akan kembali dilakukan pada tahun 2016. Pada tahun depan rencananya sepanjang 35,737 KM kembali akan ditingkatkan lagi kualitasnya menggunakan metode overlay di kedua ruas tol Tangerang-Merak.
 
Dengan meningkatnya peforma MMS tentunya sejalan dengan peningkatan layanan melalui investasi berbagai fasilitas. MMS sebagai badan usaha jalan tol tentunya menginginkan kepastian dalam memperoleh keuntungan yang wajar agar konsisten dalam mewujudkan jalan tol Tangerang-Merak yang lancar, aman dan nyaman. Dalam waktu dekat ini MMS berharap penyesuaian tarif tol dapat diberlakukan sebagaimana mestinya.(press release humas mms/lasman simanjuntak)
Foto: Humas PT.MMS/BeritaRayaOnline





eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini