breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Penyegaran Duta Sanitasi 2015 : Indonesia Targetkan 100 Persen Akses Sanitasi

Share This

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Pada 2019 mendatang Indonesia menargetkan 100 persen akses terhadap pelayanan sanitasi.Untuk itulah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya melakukan berbagai upaya untuk mencapai sasaran tersebut melalui pemberian stimulan  pembangunan prasarana sanitasi ,peningkatan peran serta masyarakat , pengembangan perangkat peraturan perundangan,penguatan kelembagaan dan peningkatan penggunaan teknologi alternatif.

Untuk mendorong peningkatan peran serta masyarakat diperlukan upaya perubahan perilaku masyarakat terhadap pentingnya sanitasi yang baik dan sehat melalui kampanye perubahan perilaku.

Kampanye perubahan perilaku secara nasional antara lain telah dipresentasikan dalam kegiatan pemilihan Duta Sanitasi yang telah dilakukan melalui kegiatan Jambore Sanitasi sejak 2008.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan peran Duta Sanitasi dalam melaksanakan kampanye Peduli Sanitasi pada 2015 diselenggarakan kegiatan Penyegaran Duta Sanitasi yang diikuti 165 peserta terdiri dari lima orang Duta Sanitasi tingkat provinsi dari 33 provinsi di Indonesia.

Penyegaran  Duta Sanitasi 2015 dibuka resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Ir.Taufik Wijoyono, MSc,  di Hotel Aston Bogor ,Kamis pagi (29/10/2015) yang akan berlangsung sampai 2  November 2015.Kegiatan ini mengambil tema "Dukungan Duta Sanitasi untuk Gerakan Menuju 100 Persen Akses Sanitasi".Tema ini dipilih untuk mengingatkan komitmen semua pihak dan Duta Sanitasi terhadap kewajiban untuk berkontribusi dalam mencapai target 100 persen sanitasi.
Menurut Sekjen Kementerian PUPR Ir.Taufik Wijoyono, MSc, penyegaran Duta Sanitasi 2015 bertujuan meningkatkan kemampuan dan peran Duta Sanitasi dalam kampanye sanitasi di daerah masing-masing.Untuk itu, dalam kegiatan ini para peserta akan mengikuti serangkaian acara workshop yang akan memberikan bekal kepada para Duta Sanitasi dalam melakukan kampanye peduli sanitasi seperti teknik komunikasi dan pengembangan diri, pengembangan kreatifitas dalam melakukan kampanye sanitasi, serta pemanfaatan media sosial dalam kampanye peduli sanitasi.

Selain itu para peserta akan belajar best practices dari organisasi-organisasi lain yang telah berkiprah dalam pembangunan sanitasi yaitu greeneration Indonesia dari Yayasan Nara Kreatif. Pembelajaran best practices juga dilakukan melalui kunjungan ke lokasiTPS 3 R di Kelurahan Kertamaya dan Sanimas Kelurahan Sindangsari yang merupakan TPS 3 R dan Sanimas terbaik di Kota Bogor.

Untuk menambah pengalaman dan kepercayaan diri para Duta Sanitasi dalam melakukan kampanye dan memperluas jangkauan pengaruh dari kegiatan ini, pada ajang ini juga akan dilakukan kampanye peduli sanitasi ke sekolah-sekolah tingkat SMP yang ada di Kota Bogor. Kampanye kepedulian sanitasi juga akan dilakukan terhadap warga yang hadir pada event car free day di Jakarta. Adapun untuk memenuhi aspek edukasi dan hiburan, para peserta akan diajak wisata ke museum Kepresidenan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pada kegiatan penyegaran Duta Sanitasi ini juga akan dilaksanakan pemilihan kelompok terbaik dalam mendisain materi kampanye peduli sanitasi yang paling kreatif dan inovatif. Materi-materi kampanye yang telah dihasilkan dari kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi para Duta Sanitasi dalam mengemban tugasnya di daerah masing-masing. (lasman simanjuntak) 

Teks Foto : Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir.Taufik Wijoyono, MSc, Rabu pagi (29/10/2015)  membuka acara Penyegaran Duta Sanitasi 2015 di Hotel Aston Bogor yang akan berlangsung sampai 2 November 2015. Kegiatan ini mengambil tema "Dukungan Duta Sanitasi untuk Gerakan Menuju 100 Persen Akses Sanitasi" diikuti  165 peserta terdiri dari 5 orang Duta Sanitasi tingkat provinsi dari 33 provinsi di Indonesia. (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama