Ads


» » » Mentan : Kalau Tahun Ini Tak Ada El Nino Kita Sebetulnya Bisa Ekspor Beras

Temu Investor : Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Pangdam VII Wirabuana May.Jend. Bachtiar menghadiri Temu Investor Agribisnis, Gula, Sapi, dan Jagung bertempat di Novotel Hotel, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa pagi (27/10/2015). Tampak Mentan dan Gubernur Sulsel melakukan temu pers usai acara Temu Investor Agribisnis, Gula, Sapi, dan Jagung. (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Makassar ,BeritaRayaOnline,-"Satu tahun pemerintahan Jokowi-Jk tak ada impor beras.Kita berhasil  kendalikan impor.Produksi  beras meningkat dan impor jadi terkendali.Kita hanya impor sesuai kebutuhan, bukan keinginan,"jelas Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kepada wartawan usai panen raya kedelai di Desa Campajaya, Kecamatan Galisong,Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan ,Selasa (27/10/2015).

Mentan beri contoh dalam peristiwa El Nino tahun 1998  lalu dengan jumlah penduduk saat itu 205 juta orang, Indonesia melakukan  impor beras sebanyak 1,7 juta ton .Sedangkan peristiwa El Nino tahun 2015 ini-merupakan El Nino terkuat dengan intensitas 1,8 hingga 1,9- jumlah penduduk  telah mencapai 250 juta  orang,  Indonesia tidak melakukan impor beras,  sehingga dapat menghemat devisa sebesar Rp 52 Triliun.

"Dengan jumlah penduduk Indonesia  250 juta orang saat ini,  maka sebenarnya  kita perlu impor beras 8,8 juta ton hingga 9 juta ton baru bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri.Namun, sampai satu tahun pemerintahan Jokowi-Jk (Oktober 2014-Oktober 2015) kita tak pernah impor beras.Bahkan kalau tahun ini tak ada El Nino kita sebetulnya malah  bisa ekspor beras," ujarnya.

Menjawab pertanyaan wartawan soal rencana pemerintah mau impor beras ,Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjawab soal rencana pemerintah mau impor beras itu karena pemerintah kita sangat menyayangi rakyat Indonesia.

"Betul .Pemerintah sangat  menyayangi rakyatnya.Sudah upsus dan akselerasi,pemerintah masih beri ruang opsi cadangan beras nasional atau CBN .Namun yang namanya CBN itu bisa dikeluarkan atau tidak.Ilustrasi, misalnya, pemain bola  kan ada cadangan pemain. Kalau pemain tak cidera maka cadangan tak perlu dikeluarkan...iya..kan," tegas Mentan.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini