breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Mentan Lepas Ekspor Kacang Hijau 60 Ribu Ton ke Filipina dan Tiongkok

Share This


Gresik.,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melepas ekspor kacang hijau sebanyak 60 ribu ton yang diproduksi  CV. Hasil Tani Sejahtera di Gresik, Rabu (30/9/2015).

Mentan mengatakan upaya mengekspor kacang hijau tersebut merupakan bentuk kontribusi sektor pertanian di tengah pelemahan rupiah saat ini. Sebab disaat perekonomian Indonesia sedang melemah, di satu sisi Indonesia masih bisa mengekspor. Sejauh ini pelemahan perekonomian Indonesia tidak begitu berdampak pada petani.

"Ekspor kacang hijau secara nasional mencapai 60 ribu ton. Ini naik sekitar 20 persen. Ini yang harus kita syukuri. Meskipun ada pelemahan ekonomi, namun hal ini tidak berdampak pada perekonomian kita," kata Mentan.

Sementara itu, Direktur CV. Hasil Tani Sejahtera Sumanto mengungkapkan pabriknya tidak mengimpor kacang hijau selama dua tahun. Namun selama dua tahun tersebut, justru melakukan ekspor kacang hijau. Menurutnya kualitas kacang hijau di pabriknya lebih bagus dari luar negeri.

"Selama dua tahun ini kami tidak melakukan impor, kami malah mengekspor. Memang lima tahun sebelumnya kami terus melakukan ekspor. Kemudian, Kualitas kacang hijau kami sama kayak luar negeri. Bahkan kualitasnya lebih bagus dari Myanmar," ujar Sumanto kepada wartawan saat ditemui di pabriknya.

Adapun kacang hijau yang siap diekspor ke Filipina dan Tiongkok oleh CV Hasil Tani Sejahtera yakni sebanyak 3.000 ton. Sedangkan untuk tahun ini bisa mengekspor kacang hijau sekitar 5.000 ton per tahun.

"Kita akan ekspor ke Filipina dan Tiongkok. Kalau ekspor tahun ini kita bisa mengekspor sekitar 3.000 hingga 5000 ton per tahun," jelas Sumanto.(press release humas kementan/lasman simanjuntak)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama