Ads


» » » Mentan Lakukan Berbagai Upaya untuk Kembalikan Gairah di Bidang Pertanian

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Sukabumi, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan gairah di bidang pertanian, khususnya bagi generasi muda di pedesaan, di antaranya memberikan Alat Sistem Pertanian (alsintan) modern secara gratis ke masyarakat.

"Kita ingin mengembalikan gairah pertanian untuk kalangan anak muda di pedesaan, untuk itu kita lakukan banyak hal seperti alsintan yang kita berikan secara gratis dan modern.Ttidak dengan alat tradisional seperti cangkul, sabit atau semacamnya," ujar Amran Sulaiman disela kunjungan kerjanya ke Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (6/10/2015).

Hal tersebut dilakukan agar terjadi regenerasi di kalangan petani. Berdasarkan data yang diungkapkan Amran Sulaiman, sejak sepuluh tahun terakhir, jumlah petani di Indonesia mengalami penurunan hampir 40 persen, atau sekitar 20 juta jiwa.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto: Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Hal itu dikarenakan masyarakat menduga profesi petani tidak menjanjikan.

"Padahal untuk membangun kedaulatan pangan berbasis agribisnis kerakyatan, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal," ujar Amran Sulaiman.

Pada situasi lahan pertanian yang terbatas, Amran memberikan solusi dengan melakukan variasi teknik budidaya pertanian, misalnya dengan penanaman secara hidroponik.

Amran berharap, cara itu mampu menggairahkan anak muda di pedesaan untuk bertani dan program swasembada pangan dapat diwujudkan.(tribunnews.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini