breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.
Dorong Swasembada Pangan, Kementan Bakal Sebar 100 Ribu Alsintan

Share This

Wajo, BeritaRayaOnline,-Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot produktivitas pertanian untuk mencapai swasembada pangan, khususnya padi, jagung, dan kedelai. Untuk merealisasikan hal tersebut, Kementan berencana akan menyebar alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 80 ribu hingga 100 ribu ke seluruh Indonesia di tahun depan.

"Kita berencana untuk tahun 2016 pemerintah akan ada penambahan alsintan kisaran 80.000 sampai 100.000 unit yang akan disebarkan di daerah–daerah sentral produksi di 17 provinsi se-Indonesia, ini untuk mendukung program swasembada pangan," ujar Amran disela kunjungan kerjanya di Desa Ujung Pero Kecamatan Sabbang Paru, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (26/10/2015).

Ia memaparkan, penyediaan alsintan mampu menekan biaya produksi sebesar 30-40 persen. Di sisi lain, menggunakan alsintan mampu meningkatkan produktivitas pangan dalam negeri.

"Adanya modernisasi alat pertanian agar generasi muda tertarik menekuni pertanian modern yang menjadi harapan dimasa depan sehingga petani bisa lebih sejahtera," paparnya.

Menurut Amran, upaya menggunakan alsintan mampu menjaga produksi padi di tengah bencana kekeringan (el nino). "Ini berkat program yang dijalankan secara efisien seperti rehabilitasi jaringan irigasi tersier, optimalisasi lahan, pemberian alsintan, gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu dan sistem intensifikasi padi," tutur dia.

Ia mengklaim, semasa Pemerintahan Jokowi-JK kementerian yang dipimpinnya berhasil untuk tidak melakukan impor beras pada tahun ini. "Mudah-mudahan ini (tidak impor beras) berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya," pungkas Amran.(metrotvnews.com/lasman)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama