Ads


» » » Mentan Paparkan Capaian Kerja Kerja Kementan Selama 10 Bulan Dihadapan Wapres

Jakarta, BeritaRayaOnline,
Menteri Pertanian,  Andi Amran Sulaiman, memaparkan hasil kerjanya selama 10 bulan di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat rapat kordinasi (rakor)  di Kantor Pusat kementerian Pertanian di Ragunnan, Pasar Mingu Jakarta Selatan, Rabu pagi (16/9/2015).

"Kita rapat di suatu tempat luar biasa. Ada Pak Wapres berkunjung ke kita. Izin Pak Wapres kita ingin menunjukkan sekilas capaian-capaian kinerja Kementan selama 10 bulan," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Dalam kesempatan itu Amran menyebut ada 11 kebijakan yang diambil, sebagian besar di antaranya adalah deregulasi untuk mendukung swasembada pangan.

"Ada revisi perpres yaitu tender benih pupuk. Alhamdulilah melalui penunjukan langsung hasilnya telah didistrubsi ke daerah," ujar Menteri Pertanian Andi  Amran Sulaiman.

Jusuf bicara Wapres JK, Husein Abdullah kepada wartawan mengatakan pemerintah akan mendukung upaya pencapaian ketahanan pangan. Wapres JK menyempatkan diri hadir di Kementan.

"Pak JK dalam upaya mencapai ketahanan pangan nasional, hadir di kementan memberi semangat dan bertukar pikiran dengan seluruh jajaran kementan untuk memastikan keberhasilan pertanian kita," ujar Husein.

 Tidak Impor Beras

Menurut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kementerian Pertanian telah melakukan antisipasi kekeringan dampak El Nino dengan membuat sumur dangkal, embung, dan penyaluran pompa air di daerah endemis kekeringan.

"Kementan sudah menyalurkan 21ribu pompa air, membuat sumur dangkal, dan embung," kata Amran.

Mengenai impor komoditas pangan, Amran menjelaskan saat ini Indonesia tidak melakukan impor beras dan impor kedelai, jagung, serta daging sapi sudah terjadi penurunan.

"Jagung kita impor 1.6 juta (ton) tapi ekspor 400 ribu ton, itu sudah menurun. Impor kedelai menurun, daging sapi juga menurun," katanya.

Amran menegaskan impor pangan hanya akan dilakukan untuk menanggulangi kebutuhan dalam negeri dan tidak akan dilakukan karena keinginan pihak tertentu.(dbs/lasman)

Foto-foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini