Ads


» » » Mentan Berencana Impor 30 Ribu Ekor Sapi Indukan yang Sedang Bunting

Menteri Pertanian Dr.Ir.Andi Amran Sulaiman  (Foto :Dok/BeritaRayaOnline)

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman berencana akan mengimpor sebanyak 30 ribu ekor sapi indukan yang sedang bunting. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan populasi sapi dalam waktu cepat sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor sapi.

"Memang kita ini harus mengimpor indukan kalau ingin menambah populasi, tapi indukan yang sudah bunting. Rencana kita tahun ini 30 ribu," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, mengenai pembahasan RAPBN 2016 Kementan, di Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015) seperti dikutip dari Metrotvnews.com.

Ia menambahkan, untuk mengurangi impor, pihaknya akan mengoptimalkan populasi sapi lokal yang ada saat ini dengan menyediakan kapal khusus pengangkut sapi sebanyak enam unit dari rencana dua unit. Memang, distribusi logsitik sapi menjadi kendala pemerintah menyediakan pasokan ke beberapa daerah dengan harga sapi yang mempunyai fluktuasi tinggi.

"Sapi lokal sekarang solusi ke depan kita mudah-mudahan bulan ini sudah operasi kapal khusus untuk sapi satu unit dari target dua unit. Kami sudah menghubungi Menteri Perhubungan (Menhub), Insya Allah tahun depan kami berjanji lima unit, jadi totalnya enam unit," paparnya.

Mengoptimalkan sapi lokal merupakan cara terbaik menghadapi pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Sebab jika pemerintah melakukan impor sapi, maka harga jual justru akan melambung. Hal ini jauh dari tugas pemerintah dalam menstabilisasi harga sapi itu sendiri.

Ia pun mengakui, jika kini harga sapi melonjak, lebih disebabkan kurs rupiah yang sedang melemah. "Kalau harga daging belum normal, karena dolar masih tinggi. Sapinya impor, jadi mahal," ujar Amran.
(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini