Ads


» » » Belum Putuskan Impor Beras, Jokowi Masih Kaji Dampak El Nino

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya varietas IPB S-3 dan IPB S-4 di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu pagi (27/9/2015). (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum memutuskan soal impor beras. Menurut Jokowi, saat ini masih dikaji seberapa besar dampak kekeringan akibat El Nino tersebut.

Pernyataan Presiden ini berbeda dengan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memastikan pemerintah akan mengimpor beras dari Thailand dan negara lain.

"Ini (impor) masih dalam perhitungan karena dampak El Nino. Ini masih perhitungan semuanya, karena kita perlu cadangan yang betul-betul kita yakini aman semua, tidak ragu-ragu dengan kalkulasi lagi," kata Jokowi saat  panen raya padi varietas IPB S-3 dan IPB S-4 di Desa Cikarang,Kecamatan  Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (27/9/2015).

Dia menjelaskan, hingga saat ini cadangan beras yang ada di Badan Urusan Logistik (Bulog) mencapai 1,7 juta ton. Jumlah itu akan bertambah sekitar 200.000-300.000 ton beras hasil panen di bulan Oktober dan November.

"Cukup aman," ujarnya.

Saat ini, ada enam provinsi yang menjadi tumpuan produksi beras di seluruh Indonesia. Keenam provinsi itu adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Menurut Jokowi, dengan stok yang ada, pemerintah memutuskan belum akan melakukan impor. Namun, dia menyatakan, pemerintah juga mengantisipasi seberapa besar dampak El Nino. Bisa jadi, kata Jokowi, El Nino akan berkepanjangan hingga bulan Desember 2015.

"Prioritas yang ingin kami lakukan adalah pasokan cukup, distribusi lancar, harga terjangkau. Ini yang akan ada operasi pasar besar-besaran, minggu ini. Biar harga bisa turun," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

.(kompas.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini