Ads


» » » Terbesar Dalam Sejarah, Anggaran Kementerian Pertanian Naik 105 Persen

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan anggaran Kementerian Pertanian naik 105 persen merupakan terbesar sepanjang sejarah. Total anggaran APBN-P naik sebesar Rp 16,9 triliun, tahun lalu non triliun rupih.

Demikian dikatakan Mentan di depan peserta Rapat Upaya Khusus Peningkatan Industri Perberasan di Kementerian Pertanian di Jakart, Rabu siang (26/8/2015)."Ini semua merupakan bentuk perhatian yang sangat besar dari Presiden Jokowi terhadap pembangunan pertanian di Indonesia," katanya.

Pada kesempatan itu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjelaskan kembali mengenai kebijakan-kebijakan sektor pertanian."Pupuk, benih, traktor, dulu harus tender. Tender kita rubah menjadi penunjukkann langsung. Ada regulasi kita yang telah menghambat pembangunan pertanian. Semua harus ditender. Lalu  saya lapor Presiden , maka keluar peraturan baru semua tak lagi tender, melainkan penunjukkan langsung," jelasnya.

Maka hasilnya adalah bangun infratsruktur pertanian terbesar seperti pembangunan jaringan irigasi tersier selus 1,5 juta hektare dari target 1 juta hektare. Selanjutnya Alsintan yang dibagi telah mencapai 40 ribu unit, sebelumnya 3 ribu sampai 4 ribu unit Alsintan.

"Khusus untuk pupuk, kami telah mengelilingi  300 kabupaten . Ada pupuk terlambat terjadi di seluruh Indonesia. Kami langsung berkoordinasi dengan menteri perdagangan dan menteri bumn. Sebab satu minggu saja pupuk terlambat, kita bisa kehilangan satu ton. 40 persen terlambat pupuk, maka 5 juta hektare dikalikan 1 juta sama dengan 5 juta ton atau senilai Rp 20 triliun,"katanya.

Kebijakan berikutnya, lanjut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, kami menghadap bapak Presiden Jokowi ingin tambah jaringan irigasi tersier, di bawah 2 juta hektare tahun ini bisa selesai, dan tak perlu menunggu tiga tahun.(lasman simanjuntak)
Foto-foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini