Ads


» » » Petani Desa Grendeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung Keluhkan Kesulitan Tenaga Kerja untuk Panen


Tulungagung,BeritaRayaOnline,-"Salah satu permasalahan yang kami hadapi antara lain tenaga kerja untuk panen tiap tahun berkurang.Oleh karena itu kami minta kepada Mentan bantuan mesin panen," pinta Kariadi, 44 tahun, salah seorang kelompok tani Desa Grendeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman usai Panen Raya Padi.

Kendala lainnya, lanjut Kariadi, serangan hama burung.

"Barangkali Kementan punya solusi atasi hama burung ini.Mungkin ada alat terbaru untuk hama burung ini.Sedangkan untuk hama tikus dan penggerek batang kami sudah bisa mengatasinya,"ucapnya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman setuju akan memberikan 1O unit alat mesin panen atau combain havester.

"Namun untuk panen raya kali ini gabah dijual kepada Bulog ya.Nanti akan diberi lagi bantuan pompa 52 unit dan tahun depan akan diberi bantuan lagi," katanya seraya menambahkan ia bahagia di sin bisa produksi 7 sampai 8 ton per hektar.

Dikatakan oleh Mentan Andi Amran Sulaiman untuk Kabupaten Tulungagung anggaran pertanian mencapai Rp 47 miliar atau naik 4OO persen.

"Jadi jangan lupa ya pesan saya,hasil panen raya sebesar 1OO ribu ton ini diserahkan ke Bulog, demi Merah Putih.Ini enaknya deal di lapangan,"ujarnya sambil tersenyum.

Tentang keluhan hama burung (burung pipit-red), Mentan sambil tertawa berkata,"Usir aja burung itu...masak soal burung pemerintah harus turun tangan juga.Burung kalau sedang tidur malamhari di jalan saja, lalu masukkan ke dalam karung.Bapak bisa berburu burung pipit tiap hari, hitung-hitung olah raga, kan sehat."(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini