Ads


» » » Jalan Tol Tangerang-Merak : Cerdas dan Aman Berkendara, Demi Keselamatan Bersama


Wiwiek D Santoso, Presiden Direktur PT.Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak (Foto :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Serang,BeritaRayaOnline, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak siap untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2015. Arus mudik dan balik tahun ini diperkirakan akan meningkat sekitar 8,9% dibandingkan tahun yang lalu dan puncaknya diperkirakan terjadi pada H-2 (tanggal 15 Juli 2015) serta arus balik pada H+7 (tanggal 25 Juli 2015).

 MMS telah menyiapkan layanan khusus jelang lebaran 1436 H untuk para pengguna jalan di ruas tol Tangerang-Merak dimulai sejak 7 Juli dengan memberikan diskon tarif sebesar 25% yang berlaku sampai dengan tanggal 22 Juli 2015.
Pada hari ini (Jumat, 10 Juli 2015) di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 68 (arah Jakarta) tol Tangerang-Merak, MMS mengadakan kegiatan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas 2015 dengan tema Cerdas dan Aman Berkendara, Demi Keselamatan Bersama.
 
Kampanye keselamatan ini merupakan bagian dari program Ayo Aman Berlalu Lintas yang diluncurkan tahun 2014 lalu oleh PT Astra International Tbk. Program MMS ini didukung juga  oleh Metropolitan Expressway Company Limited (Shutoko) - MEX, pengelola jalan tol di wilayah Tokyo, Jepang.

 MEX memperkenalkan Tokyo Smart Driver sejak tahun Desember 2012 dan diadopsi oleh MMS sejak 2014 sebagai bagian dari Program Kampanye Keselamatan yang merupakan program berkelanjutan yang pada akhirnya membawa kesadaran pengguna jalan untuk berkendara secara cerdas dan aman.
Hal ini merupakan upaya MMS untuk mewujudkan jalan tol yang lancar, aman dan nyaman. Setiap kecelakaan akan menjadi hambatan dan mengganggu pengguna jalan selain korban baik orang maupun material. Karena itu harus dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi tingkat kecelakaan ini.
Pada program hari ini, MMS menghadirkan permainan edukasi tentang rambu-rambu lalu lintas dan peragaan 6 langkah aman berkendara yang dikemas dalam bentuk parodi. Atraksi Polisi Cilik turut melengkapi kemeriahan kampanye keselamatan ini.
 
Untuk memberikan informasi mengenai persiapan dan pelayanan arus mudik dan balik, hadir sebagai pembuka dalam kegiatan ini, instansi-instansi terkait hadir sebagai narasumber, antara lain dari Korlantas Polri, Dinas Perhubungan Propinsi Banten, Kepolisian Daerah Propinsi Banten, Direktorat Lalu Lintas Polda Banten dan ASDP Cabang Merak.
“Melalui kegiatan ini MMS mengajak para pengguna jalan untuk semakin menyadari tanggung jawab dalam berkendara sehingga keselamatan berlalu lintas benar-benar terjadi dan dengan begitu dapat mengurangi angka kecelakaan, ujar Wiwiek D. Santoso, Presiden Direktur MMS.
 
Melengkapi layanan arus mudik dan balik Lebaran 1436 H, untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol Tangerang-Merak, selama H-7 s.d H+7 (tanggal 10 s.d. 25 Juli 2015), telah diprogramkan Layanan Lebaran 1436 H dengan menyediakan berbagai fasilitas antara lain:
1.      4 (empat) lokasi Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) di jalan tol Tangerang-Merak, yaitu di KM 42, KM 68 arah Merak dan di KM 68, KM 45 arah Jakarta buka selama 24 jam, dengan fasilitas meliputi SPBU, Musholla, kantin, toilet dan area parkir;
2.      2 (dua) lokasi Pos Pelayanan Kesehatan untuk pemudik, di Tempat Istirahat KM 68 arah Merak dan Jakarta, tersedia tanggal 11 s.d 25 Juli 2015 bekerja sama dengan rumah sakit Bethsaida;
3.      Pos Pelayanan Polisi Jalan Raya (PJR) dan Pos Polisi Wilayah yang tersebar di sepanjang Tol Tangerang – Merak sejak tanggal 10 s.d 25 Juli 2015;
4.      Pelayanan Bengkel Siaga di Tempat Istirahat KM 68 KM 43 arah Merak yang tersedia tanggal 13 s.d 22 Juli 2015.
5.      Pembagian makanan pembuka puasa (ta’jil) kepada pengguna jalan pada 7 hari pertama puasa dan 7 hari menjelang lebaran di Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Barat, Serang Timur & Merak.
 
Sementara itu fasilitas layanan kami lainnya tetap akan dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan, yaitu:
1.      12 (dua belas) unit kendaraan Derek Gratis hingga gerbang tol terdekat, 8 unit kendaraan Patroli, 15 unit kendaraan patroli PJR, 4 unit kendaraan Ambulance dan 2 unit kendaraan Rescue termasuk 1 unit dengan kemampuan mengangkat beban hingga 35 Ton, 1 unit kendaraan Sky lift  serta 2 unit kendaraan Water Tank;
2.      9 (sembilan) unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak yakni di KM 28+000 arah Merak, KM 30+000 Gerbang Cikupa arah Merak , KM 42+000 arah Merak, KM 60+000 arah Merak dan Jakarta di overpass Ciujung, serta di KM 72+000 arah Jakarta dan KM 98+000 arah Jakarta untuk memberikan informasi lalu lintas terkini dan hal lain yang penting bagi pengguna jalan. Selain itu, MMS bekerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak memasang 2 unit VMS di KM 37+000 dan KM 66+000 arah Merak khusus untuk memberikan informasi tentang situasi lalulintas di sekitar Pelabuhan Merak. Mobile VMS juga terpasang pada 2 unit kendaraan layanan lalu lintas MMS yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak khususnya pada saat keadaan darurat.

3.      25 (dua puluh lima) unit kamera pemantau jalur (CCTV) terpasang di beberapa lokasi di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak untuk lebih meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas jalan tol dalam memberikan layanan. Direktorat Lalu Lintas (Dir-lantas) Polda Banten juga telah memasang dan memfungsikan CCTV di empat titik di antaranya, di pos lantas dekat pintu Tol Serang Timur, dekat pintu Tol Merak di Kelurahan Gerem, Kota Cilegon, dekat pintu Tol Cikupa, dan pintu Tol Serang Barat;

4.      2 (dua) unit Gardu Tol Otomatis (GTO) entrance multi golongan dan 1 unit GTO exit multi golongan di Gerbang Tol Cikupa. GTO entrance multi golongan adalah GTO yang dapat melayani baik kendaraan kecil (Golongan I kecuali bus) dan juga kendaraan besar (bus dan Golongan II-V).  Sedangkan GTO exit multi golongan adalah GTO yang khusus melayani pembayaran dengan e-toll card.

5.      Layanan Informasi 24 Jam (Call Center) MMS di nomor telepon 0254-20 78 78, Bebas Pulsa 0-8001-77-78-79, SMS 0818-0808-5500 dan e-mail cs@margamandala.co.id  serta di twitter @tol_mms dan website MMS www.margamandala.co.id, yang siap melayani pengguna jalan tol Tangerang-Merak.
 
Diharapkan dengan rangkaian Program Layanan Lebaran 1436 H di Jalan Tol Tangerang-Merak ini, arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman sehingga para pemudik dapat menikmati momen hari raya bersama keluarga tercinta dan kembali ke rumah dengan selamat serta hati yang bahagia. Dengan peduli terhadap kondisi kendaraan dan mematuhi tata tertib berlalu lintas tentunya tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri melainkan juga keselamatan pengguna jalan yang lain. Be Smart, Be Safe. For our safety.

Diskon Tarif Tol 25 Persen
 Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri,   PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku badan usaha jalan tol ruas Tangerang-Merak memberikan diskon tarif tol sebesar 25%.  Diskon tarif tol ini berlaku selama 16 (enam belas) hari kalender sejak H-10 sampai dengan H+5 Hari Raya Idul Fitri 1436 H / Tahun 2015.

 Pemberlakuan diskon tarif tol ini sesuai dengan rencana Pemerintah agar para badan usaha jalan tol khususnya swasta memberikan diskon sebesar 25% kepada pengguna jalan tol selama mudik lebaran.

“Tepat pukul 00.00 WIB tanggal 7 Juli 2015 diskon tarif tol mulai diberlakukan sampai dengan tanggal 22 Juli 2015. Tarif tol akan kembali normal pada tanggal 23 Juli 2015 pukul 00.00 WIB. Kami mendukung himbauan dari Pemerintah dan menjadi bagian dari komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan. Kami berharap dengan pemberian potongan tarif ini, pengguna jalan semakin merasakan kenyamanan dalam perjalanan menyambut lebaran khususnya di tol Tangerang – Merak dengan tidak melupakan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan siap berkendara dalam kondisi prima.” ujar Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Tehnik dan Operasi MMS. 

Sebagai upaya untuk memberikan pelayanan optimal, MMS melakukan sosialisasi pemberlakukan diskon tarif tol dengan memasang spanduk informasi di 17 (tujuh belas) titik lokasi dan menginformasikan pemberitahuan tersebut melalui 9 (Sembilan unit) Variable Message signs (VMS) MMS yang terpasang pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak. Guna memenuhui kebutuhan pengguna jalan akan tol yang informatif, MMS menyediakan informasi seputar ruas tol Tangerang-Merak pada layanan media sosial twitter dan website resmi MMS. Layanan sentral komunikasi MMS juga siap untuk memberikan informasi bagi para pengguna jalan. 

Tentunya MMS juga tetap senantiasa melakukan berbagai pembenahan infrastruktur dan memaksimalkan fasilitas tol Tangerang-Merak. Tak henti-hentinya MMS mengajak kepada seluruh pengguna jalan untuk terus bersama tertib berkendara sehingga mewujudkan jalan tol yang lancar, aman dan nyaman.(press release humas mms/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini