Ads


» » » Mentan: Stok Beras Tahun Ini Cukup

 Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersalaman dengan para peserta Musrenbangtan Nasional yan berlangsung di Jakarta, Rabu pagi (3/6/2015). (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menegaskan tahun lalu impor beras mencapai  4OO ribu ton, bahkan per Januari mencapai 1,6 juta ton.

"Bagaimana stok beras atau pangan tahun ini.Cukup.Tahun lalu Oktober sampai Maret ada pergerakan? Maret-Oktober 2O15 bila produksi bisa  lebih tinggi dari tahun lalu, stok beras saya yakin tahun ini cukup," katanya di depan peserta Musrenbangtan Nasional 2O15 di Jakarta, Rabu pagi (3/6/2O15).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Nasional merupakan agenda tahunan. sebagai forum koordinasi perencanaan pembangunan pertanian yang mana dalam kesempatan kali ini ditujukan untuk merumuskan program dan kegiatan pembangunan pertanian tahun 2O16 dengan tema "Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pertanian untuk Pencapaian Swasembada Pangan, Daya Saing Pertanian dan Kesejahteraan Petani".Hal ini sejalan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2O16 yaitu "Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Meletakkan Pondasi Pembangunan Berkualitas".

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan lagi  harga beras di lapangan Rp 12 ribu/kg/beras, harga gabah Rp 5 ribu/kg/gabah.

"Harga gabah Rp 35OO, maka menurut BPS harga beras turun 3 persen.Ada distribusi yang belum sempurna, jadi bukan soal produksinya," jelasnya.

"Kita rencana dari hulu sampai hilir, ini harus satu paket.Holistik atau menyeluruh pendekatannya.Anggaran Rp 45 triliun saya yakin dengan strategi yang kita bangun, maka komoditi impor bisa diselesaikan tahun ini.Dan, kita bisa swasembada pangan," katanya lagi seraya menambahkan Kementan akan fokus pada tujuh komoditi yang masih impor yakni padi, jagung,kedelai,cabe,bawang merah, daging, dan tebu/gula.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini