Ads


» » » Mentan Andi Amran Sulaiman : Harga Bawang Merah Sudah Aman dan Stabil


Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline

Jakarta, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menegaskan sampai hari ini (Kamis, 25 Juni 2015) harga bawang merah sudah aman dan stabil, bahkan cenderung sudah turun."Insya Allah sampai Lebaran nanti aman. Masyarakat silahkan belanja dengan tenang, jangan terburu-buru. Stok aman," katanya kepada wartawan usai melepas 22 armada truk angkutan logistik Operasi Pasar Kementan-Bulog  di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis pagi (25/6/2015).

Dijelaskannya Juni-Juli 2015 merupakan puncak panen raya bawang merah. Dalam kunjungan kerja (kunker) sepuluh hari mulai dari NTT, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur harga bawang merah sudah bagus.

"12 truk yang membawa bawang merah akan masuk lagi, dan Sabtu besok (27/6/2015) akan dibagi-bagi lagi sebesar 100 ton. Ini tiap hari, total 20 truk masuk  dari Nganjuk, Probolinggo, Malang, Bima, dan Brebes. Insya Allah sampai Lebaran nanti," jelasnya.

Andi Amran Sulaiman mengatakan harga bawang merah di tingkat petani Rp 6000 sampai Rp 8000/kg." Bukan turun, dari dulu memang segitu.Di Bima Rp 6000/kg, kami beli Rp 8000 per kg," ucapnya.

Harga bawang merah dari Rp 6000/kg menjadi Rp 36.000/kg naik hampir 500 persen." Bayangkan, naik sampai 500 persen. Ini dikarenakan tata niaga bawang merah yang terlalu panjang, tujuh titik baru sampai di konsumen.Lalu kami 'pangkas' sampai separuhnya. Jadi hari ini (25 Juni 2015-red) harga bawang merah Rp 18.000/kg sampai Rp 20.000/kg, ini harga sudah stabil. Hari ini bersama Bulog kami melakukan Operasi Pasar di 20 titik di wilayah Jabodetabek dengan harga Rp 20.000/kg sampai Idul Fitri nanti," kilahnya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman merasa senang dengann kehadiran Ketua Komisi IV DPR RI Edi Prabowo yang datang ke Pasar Induk Kramat Jati mendadak dan tanpa janjian.

"Harga bawang merah sudah bagus... mumpung ada Pak Ketua Komisi IV DPR RI. Kami senang ada Ketua Komisi IV DPR RI untuk mengecek kami langsung. Kami sidak bersama Bulog, dan Komisi IV DPR RI melakukan sidak kepada kami. Ini tak ada janjian lho..," kata Mentan sambil tertawa di samping Ketua Komisi IV DPR RI Edi Prabowo. (pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini