Ads


» » » Jelang Ramadhan, Mentan Tinjau Stok dan Harga Pangan di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Senin pagi (8/6/2015) mengecek langsung stok dan harga pangan jelang bulan suci Ramadhan di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur.

 Pada kesempatan itu Mentan bertanya langsung kondisi harga terkini untuk komoditi bawang merah dan cabe.

Sesampainya di pasar induk Kramatjati, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  langsung menghampiri salah seorang pedagang . Dari berdialog langsung dengan pedagang diketahui sejumlah harga bahan kebutuhan pokok tersebut telah naik.

 Salah satunya adalah komoditas bawang merah.

Amran menjelaskan harga bawang di Pasar Induk Kramat Jati mencapai Rp27 ribu/kg, sedangkan berdasarkan hasil tinjauannya beberapa hari lalu di Brebes sekitar Rp14 ribu/kg.

“Harga bawang merah Rp 27 ribu per kilogram, pedagang langsung beli di Brebes, hampir Rp18 ribu. per kilogram.Namun, kemarin dicek Rp14 ribu per kilogram," katanya kepada wartawan  di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015).

Dijelaskannya, perbedaan harga ini disebabkan oleh adanya dugaan aksi spekulan dan tengkulak yang memanfaatkan momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

"Mungkin ada tengkulaknya. Beri tahu tengkulak kita mau Ramadhan, jangan tinggi-tinggi," tegasnya.

Meski demikian, Mentan yakin bahwa selama bulan Puasa dan Lebaran pasokan kebutuhan bahan pangan aman dan pemerintah tidak akan melakukan impor. " Impor bahan pangan, seperti beras, jagung, kedelai, bawang, cabai, gula pasir, dan daging sapi, merupakan pilihan terakhir pemerintah untuk mengendalikan harga.," tegasnya.

Kepada para pedagang, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  sekali lagi minta supaya harga bawang merah dan cabe jelang bulan suci Ramadhan bisa stabil seperti sekarang." Jangan lagi naik harganya ya..., apalagi jelang bulan baik yakni bulan Ramadhan sebentar lagi," pintanya kepada para pedagang.

"Insya Allah, Pak, harga tak naik," janji pedagang bawang merah. (pulo lasman simanjuntak)

Foto oleh :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini