Ads


» » Anggota SEAR Bahas Agenda WHA pada Pertemuan Informal

 Geneva, BeritaRayaOnline,-Sebelas negara anggota WHO SEAR (Bangladesh, Butan, PDR Korea, India, Indonesia, Maldives, Myanmar, Nepal, Srilanka, Thaland, dan Timor Leste) bertemu sore ini di kantor Palais des Nations (PDN), Geneva, (Minggu, 17/5/2015). 

Pertemuan SEAR Informal Briefing yang dipimpin Regional Director Dr. Poonam Khetrapal Singh membahas isu-isu yang akan diangkat pada sidang World Health Assembly (WHA) ke 68 yang akan dibuka besok pagi.

Isu-Isu penyakit menular, penyakit tidak menular dan masalah-masalah kesiapan mengahadapi penyakit seperti ebola, dibahas dalam briefing ini.

 Hal lain yang diungkap Dr. Poonam adalah mengenai budgeting dimana ada rencana peningkatan kontribusi negara-negara anggota WHO untuk tahun depan.

 Topik lain yang dibahas adalah tentang The State Actors. Meksi keberadaan mereka telah lama namun ini baru menjadi isu aktual pada pertemuan WHA-68.  The Non State actor bukan termasuk negara anggota WHO, namun memiliki kontribusi dalam kesehatan.  Ada 4 kategori yang termasuk dalam The Non State Actor yaitu LSM, sektor swasta, filantropis (lembaga amal), dan akademik.

Bagi Indonesia, tema tentang rencana penerapan polio injection menjadi perhatian khusus. Di negara maju, penerapan vaksin polio injeksi (IPV) sudah dilakukan namun Indonesia bermaksud menunda penerapan penggunaan IPV dikarenakan alasan geografis yang perlu disiapkan secara matang. Dr. M. Subuh berharap agar dalam pembahasan mengenai polio dalam sidang WHA, akan mendapat dukungan dari negara-negara anggota SEAR.

Pertemuan informal briefing regional WHO akan dilakukan selama penyelenggaraan WHA-68 yang akan berlangsung pada tanggal 18 – 26 Mei 2015. WHO beranggotakan 194 negara yang dibagi menjadi 6 regional. Keenam regional tersebut adalah  :
1. WHO SEAR (South East Asia Region) terdiri dari 11 negara berkantor pusat di New Delhi,
    India.
2.  WHO EMRO (Eastern Mediteranian Region) terdiri dari 21 negara berkantor pusat di Kairo, Mesir.
3.   WHO WPRO (Western Pacific Region) terdiri dari 27 negara berkantor pusat di Manila,
     Filipina.
4.      WHO AFRO (African Region) terdiri dari 47 negara berkantor pusat di Congo.
5.     WHO EURO (European Region) terdiri dari 53 negara berkantor pusat di Copenhagen,
      Denmark.
6.  WHO AMRO (America Region) terdiri dari 35 negara berkantor pusat di Washington, Amerika.(siaran pers/lasman simanjuntak)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini