Ads


» » » Aksi MMS Sumbang Paru-paru Dunia dengan Penanaman Pohon

Serang Barat, BeritaRayaOnline,-Seiring meningkatnya angka trafik lalu lintas sepanjang tol Tangerang-Merak memengaruhi kualitas udara di sekitarnya. Hal ini disadari PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola ruas tol Tangerang-Merak. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, MMS kembali melakukan penanaman pohon di interchange Serang Barat pada hari Jumat (8/5/2015).

Dalam penanaman pohon tersebut, MMS menggandeng Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Serang untuk bersama-sama melakukan penghijauan di salah satu ruas tol Tangerang-Merak. Pokja Wartawan Serang yang merupakan perkumpulan jurnalis di Kota Serang ini sebagai simbol masyarakat Serang untuk bersinergi menjaga lingkungan jalan tol, mengingat jalan tol MMS melintasi kota berlambang Kaibon (gapura) tersebut.

“Kami sudah menyiapkan 25 tanaman yang terdiri dari Trembesi, Mahoni, Bunga Kupu-kupu, dan Flamboyan. Ini hanya merupakan langkah awal kami di tahun 2015 di mana ditargetkan akan ditanam 2500 pohon,” tutur Rury Purwantoko, Manajer Environment, Health, and Safety, Corporate Social Responsibility (ESR) dan Usaha Lain MMS saat kegiatan Journalist Goes to Toll Road (JOGET).

Sebelumnya, MMS telah melakukan penanaman pohon di beberapa titik seperti akses tol Serang Barat, akses tol Cilegon Timur, akses tol Cilegon Barat, dan jalur tol KM 28, 71, dan 75. Rencananya, ungkap Rury, MMS akan mengganti jenis-jenis pohon Sengon Buto (Enterolobium cyclocarpum) di sepanjang jalur tol Serang Timur hingga Merak dengan pohon-pohon berukuran besar seperti Trembesi (Samanea saman) dan Mahoni (Swietenia macrophylla).

 “Karena jenis-jenis pohon Sengon Buto yang kami miliki usianya sudah tua dan lapuk, yang dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan, sehingga akan kami ganti dengan pohon-pohon lainnya,” pungkasnya.

Penanaman 2500 pohon yang dicanangkan di tahun ini rencananya akan dilaksanakan akhir tahun menyesuaikan kondisi cuaca. Pohon-pohon yang ditanam antara lain Trembesi, Mahoni, Bunga Kupu-kupu (Bauhinia purpurea), Flamboyan (Delonix regia), dan rumpun Bambu Jepang (Dracaena surculosa). Tanaman-tanaman tersebut dikenal sebagai tanaman yang memiliki daya serap tinggi terhadap karbon dioksida (CO2) dan partikel timbal (Pb) yang dihasilkan kendaraan bermotor. Satu batang pohon Trembesi bahkan mampu menyerap hingga 28,4 ton CO2 per tahun, sedangkan pohon bambu mampu menyerap 12 ton CO2 per hektar per tahun.

Penanaman pohon ini merupakan program tahunan MMS untuk revitalisasi, beautifikasi sekaligus hutanisasi jalan tol yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Pada 2014, MMS menggandeng Pemerintah Kota Serang dan Kopassus melakukan penanaman 2650 pohon yang juga dihadiri Hj. Dewi Rano Karno selaku istri Plt Gubernur Banten dan istri Walikota Serang, Vera Nurlaila Jaman.

Dengan adanya penanaman pohon yang terus berkesinambungan ini, MMS berharap mampu memberikan sumbangsih terhadap pelestarian lingkungan serta menciptakan lingkungan jalan tol yang sejuk, asri, dan nyaman. Kegiatan ini juga menjadi ajang positif untuk mengajak peran serta masyarakat dalam upaya penghijauan di jalan tol Tangerang-Merak.(press release/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini