Ads


» » » Menteri Pertanian Kerja Rill Wujudkan Swasembada Pangan


Jakarta,BeritaRayaOnline,-Upaya-upaya khusus yang dilakukan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan mendapat penilaian memuaskan dari kalangan politisi senayan dan aktivis. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman bahkan dinilai termasuk menteri yang berprestasi di Kabinet Joko Widodo - Jusuf Kalla

Anggota DPR Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar, M Misbakhun terang-terang memuji Mentan Amran. Dia menilai, Mentan Amran termasuk menteri yang berprestasi di Kabinet Kerja.

“Beliau (Mentan Amran) sejauh ini bisa menerjemahkan keinginan Presiden untuk wujudkan swasembada pangan dalam tiga tahun,” kata Misbakhun di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Kendati baru seumur jagung menempati kursi Menteri Pertanian, Misbakhun melihat program terobosan yang dibuat Mentan Amran dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia.

“Yang sudah kelihatan itu pembagian traktor gratis bagi kelompok tani dan masyarakat miskin dan itu rill di lapangan.  Dia juga rajin turun ke pelosok untuk memotivasi petani, subsidi pupuk sudah mulai digerakkan, irigasi, jalan dan sebagainya. Saya kira ini semua dalam rangka wujudkan swasembada pangan,” katanya.

Karenanya, bekas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini Mentan Amran sanggup memenuhi target yang ditetapkan Presiden Jokowi yakni dalam tiga tahun ke depan Indonesia sanggup swasembada pangan. Sebab, sejauh ini, program-program kementerian yang dijalankan Mentan Amran sudah sejalan dengan keinginan Presiden membangun upaya tercapainya swasembada pangan dan ketahanan pangan.

“Dia juga sudah melibatkan banyak unsur, banyak stakeholders sampai universitas. Jadi dalam road map swasembada pangan sudah sangat bagus,” pujinya.

Kendati sudah banyak capaian yang diraih Mentan Amran, Misbakhun melihat kekurangan Menteri asal Sulawesi Selatan itu hanya satu yakni, terkait persepsi publik. Untuk kekurangan satu ini Misbakhun bisa memakluminya, karena memang masa kerjanya baru seumur jagung dan background Mentan Amran juga bukan politisi.

“Ke depan pembentukan persepsi publik bagi Mentan Amran mesti dioptimalkan lagi. Jangan sampai dia sudah kerja keras, tapi tidak terpublikasi dengan baik. Jadi tinggal bagaimana koordinasikan seluruh Eselon I dan unit-unit lain di Kementerian Pertanian dengan pemda-pemda di seluruh Indonesia,” sarannya.

Setali dengan Misbakhun, Pengamat Komunikasi Publik Universitas Paramadina Hendri Satrio juga menilai, gebrakan yang dibuat Mentan Amran sudah cukup banyak. Hal ini berdasarkan polling yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (kedaiKOPI) terkait isu reshuffle alias perombakan kabinet melalui situs www.uneg2politik.com.

Berdasarkan hasil diskusi kedai KOPI, diungkapkan Hendri Satrio, Mentan Amran paling banyak diperbincangkan dalam hal pembagian traktor gratis ke masyarakat dan panen raya.

“Mentan termasuk menteri yang sudah bekerja keras untuk mencapai target-target yang sudah ditetapkan Presiden. Upaya beliau agar bagaimana memenuhi kebutuhan pangan rakyat sudah cukup keras. Hanya saja langkah Menteri Amran masih kurang ter-publish,” tuturnya.

Sementara itu, saat blusukan ke Lampung beberapa hari lalu, Mentan Amran kembali bagi-bagi alat mesin pertanian (alsintan). Di Desa Semuli, Kecamatan Agung Semuli, Kabupaten  Lampung Utara, Menteri Amran membagikan 254 unit traktor ke petani. Khusus di Lampung Utara petani dapat jatah 12 unit traktor, plus pompa air sebanyak 67. Bantuan itu, kata Menteri Amran, baru pemanasan. Ke depannya masih ada program bantuan lainnya.

“Insya Allah ada 96 traktor gratis lagi,” kata Mentan Amran.(Humas Kementerian Pertanian/Lasman Simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini