Ads


» » » Manfaatkan Momentum KAA



Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto : Humas Kementerian Pertanian/BeritaRayaOnline)
Jakarta,BeritaRayaOnline,-Pemerintah harus memanfaatkan momentum Konferensi Asia Afrika (KAA) untuk menjalin kerja sama dengan negara peserta. Tidak sebatas mempererat persahabatan dan menggali kembali semangat KAA 60 tahun silam, tetapi juga menjajaki kerja sama dalam berbagai sektor yang saling menguntungkan.

Tak bisa dipungkuri, setiap negara memiliki keunggulan. Negara  satu memiliki keunggulan di bidang teknologi, misalnya, negara lain punya sumber daya alam. Keunggulan satu negara bisa saja menjadi kebutuhan bagi negara yang lain. Dalam kaitan itulah diperlukan penjajakan kerja sama yang saling membutuhkan.

Langkah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman patut diberi apresiasi.Di sela-sela pertemuan WEF Grow Asia Forum,Mentan  Amran Andi Sulaiman  memanfaatkan kesempatan bertemu dengan Menteri Pertanian Vietnam Hon Cao Duc Phat. Ujungnya, lahir kesepatan mengembangkan promosi bersama untuk produk-produk pertanian sebagai bagian dari strategi bersama negara-negara ASEAN dalam menembus pasar komoditas pertanian global.
Pendekatan Amran dengan Duta Besar Selandia Baru Trevor Matheson di forum yang sama juga membuahkan hasil. Keinginan Amran memenuhi 30 ribu bibit sapi indukan untuk swasembada daging sapi disetujui mitranya. Ini kali pertama negeri itu melepas bibit indukan sapinya ke Indonesia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah melangkah, memanfaatkan momentum KAA untuk meningkatkan sektor pertanian.
Tak ada salahnya langkah yang sama dilakukan oleh kementerian dan pejabat lainnya di bidang masing-masing. Dengan begitu, KAA dapat memberi nilai lebih bagi Indonesia sebagai penyelenggara pertemuan tingkat tinggi itu. (humas kementerian pertanian/editorial harnas, 22 april 2015/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini