Ads


» » » Bone Bisa Menjadi Percontohan Terbaik untuk Indonesia


news

Bone,Sulsel, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengungkapkan, Kabupaten Bone memiliki paket lengkap dalam membantu mewujudkan swasembada pangan. Hal ini dikarenakan Bone berpotensi di bidang pertanian, peternakan dan perkebunan.

“Tolong kalau bisa Bone menjadi percontohan, saya ingin Bone terbaik seluruh Indonesia,” tegas Mentan usai melaksanakan panen raya di Desa Pakkasalo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sabtu (4/4/2015).

Dalam kesempatan tersebut, Mentan mengungkapkan potensi 8 juta Ha sawah yang ada semestinya bisa mencukupi kebutuhan nasional bahkan kelebihannya bisa diekspor. Mentan memperhitungkan jika produktivitas padi 10 ton per Ha, artinya ada produksi 80 juta ton untuk satu masa tanam.

 Menurut Mentan produktivitas ini cukup tinggi namun Mentan yakin masih dapat ditingkatkan.

“Dua kali tanam, 160 juta ton. Indonesia cuma butuh 60 juta ton, diekspor 100 juta ton, dikalikan harga Rp 4.000, itu Rp 400 triliun nilainya, dan bisa menghidupi Asia Tenggara,” ungkap Mentan.

Sebelum melaksanakan panen raya, Mentan menghadiri Expo Ternak Kabupaten Bone 2015 di Islamic Center, Kota Watampone, Bone, Sulawesi Selatan. Expo ini dilaksanakan dalam rangka menyambut perayaan Hari Jadi ke-685 Bone juga sebagai upaya untuk mengangkat dan mempromosikan potensi peternakan di Kabupaten Bone.

Untuk itu Mentan menyampaikan bantuan berupa 200 ekor sapi indukan sapi Limosin Brahman yang beratnya kurang lebih 1 ton, yang diberikan langsung di tempat penyelenggaraan expo. Selain itu, Mentan juga memberikan bantuan di Kabupaten Bone berupa alsintan yaitu 88 unit hand tractor, perbaikan jaringan irigasi tersier seluas 35.000 ha, sarana produksi komoditas jagung seluas 20.000 ha serta sarana produksi PAT kedelai seluas 56.000 ha.

Expo Ternak Kabupaten Bone sudah menjadi agenda rutin 2 tahunan dari Dinas Peternakan Kabupaten Bone dalam memfasilitasi tumbuh kembangnya pelaku agribisnis peternakan, stakeholder dan pemerintah secara sinergi dimana Kabupaten Bone memiliki populasi ternak sapi potong terbesar di Sulawesi Selatan.(www.deptan.go.id/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini