Ads


» » » Teknik Fakoemulsifikasi Tangani Katarak

Jakarta,BeritaRayaOnline,-MATA tidak sekadar hanya sebagai indra penglihatan. Ia juga dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Dengan kesehatan mata yang baik, manusia dapat bekerja, membaca dan menikmati keindahan alam.

Kenyataannya bahwa sebagian besar informasi yang kita dapat masuk melalui mata. Jadi organ ini memang sangat vital,” ujar dr Nanik Sri Mulyani Sp.M, spesialis mata dari SMC RS Telogorejo Semarang. Problem utama masyarakat terkait kesehatan mata diantaranya adalah katarak.

Jumlah penderita cukup besar, dan katarak masih menjadi penyebab utama kebutaan pada masyarakat. Karena itulah, pemberian informasi mengenai penyakit ini dan penanganan yang tepat perlu disosialisasikan bahwa katarak bisa disembuhkan.

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram, bahkan sampai tidak melihat. Hal itu terjadi karena cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, terhalang lensa yang keruh/ katarak.

Penglihatan buram atau berkabut hingga tidak bisa melihat menurut dr Nanik merupakan satu di antara sekian gejala katarak. Tanda-tanda lainnya mata menjadi peka terhadap sinar atau cahaya. Kemudian sering ganti kaca mata karena ukurannya mudah berubah.

Pada keadaan terang mata terasa silau dan penglihatan di ruangan gelap lebih jelas dibandingkan di ruang yang terang. Kadang, penglihatan pada satu mata menjadi dua atau ganda. “Penyebab katarak terbanyak adalah akibat proses lanjut usia atau degenerasi.

Masih ada penyebab lain yakni penyakit sistemik seperti diabetes, penggunaan obat tertentu dalam jangka waktu lama (steroid), terkena sinar matahari (ultraviolet) yang berlebihan, bawaan sejak lahir dan trauma pada mata,” jelas dr Nanik. Gejala katarak yang dini dapat dilihat menggunakan alat slit lamp.

Pada umumnya spesialis mata akan menggunakan berbagai alat untuk menentukan jenis kekeruhan, letak katarak serta untuk membedakan dari penyakit lain yang mempunyai gejala seperti katarak. Dengan mendiagnosa dini, maka katarak dapat dipantau apakah akan berlanjut atau menimbulkan komplikasi sehingga kebutaan bisa dihindari.

Katarak tidak dapat diobati menggunakan tetes mata atau obat minum. Jika telah menimbulkan kemunduran fungsi penglihatan, pada saat itulah penderita harus dioperasi. Sampai saat ini pembedahan merupakan satu-satunya cara yang efektif untuk mengatasi lensa mata yang telah keruh/katarak.

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang kedokteran mata, penanganan yang selama ini dilakukan dengan cara Operasi Katarak Ekstra Kapsuler, berkembang dengan sebuah teknik baru yaitu Fakoemulsifikasi. Pada operasi katarak ekstra kapsuler, secara teknis memerlukan luka operasi yang cukup lebar karena harus mengeluarkan lensa secara keseluruhan.

Tindakan ini akan membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama daripada penggunaan teknik terkini Fakoemulsifikasi. Sementara operasi dengan teknik Fakoemulsifikasi meminimalisir kekurangan operasi ektra kapsuler. Keunggulan Fakoemulsifikasi diantaranya luka operasi menjadi sangat kecil (3 mm). Dengan alat fako, seluruh lensa dapat dihancurkan untuk disedot/dihisap keluar.

Selanjutnya mata penderita akan dipasang lensa tanam yang diletakkan di dalam bola mata dan tidak perlu dikeluarkan kembali. Penggunaan lensa tanam, akan memperbaiki penglihatan penderita menjadi lebih baik. Di SMC RS. Telogorejo operasi katarak sudah menggunakan teknik Fakoemulsifikasi, dengan pemasangan lensa tanam, luka operasi tidak memerlukan jahitan.

Masa penyembuhan pun jadi lebih singkat. Penanganan dengan Fakoemulsifikasi sangat membantu perbaikan penglihatan penderita katarak. Namun demikian setiap penderita mempunyai masalah yang berbeda.
Untuk itu diskusi atau konsultasi dengan dokter mata akan sangat membantu dalam memberikan pengobatan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Call Center 24 Jam SMC RS. Telogorejo di No. Telp (024)8646 6000.(suara merdeka cetak/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini