Ads


» » » Panen Raya Padi di Indramayu Berdampak Positip pada Harga Beras

Bandung, BeritaRayaOnline,- Panen raya beras di Indramayu, Jawa Barat, berdampak positif pada harga beras di Bandung. Suplai beras dari kabupaten produsen itu pun meningkat dalam empat hari terakhir.

Kepala Dinas Pertahanan dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan harga beras jenis medium turun sejak panen raya di Indramayu pada 11 Maret 2015. Sebelum panen raya, harga beras medium di pasar-pasar Kota Bandung yaitu Rp12 ribu per Kg.

"Alhamdulillah ada dampak positifnya ke Kota Bandung. Harga beras medium dua sudah antara Rp9.500 sampai dengan Rp 10ribu. Untuk medium satu, masih di atas Rp10 ribu sampai Rp10.500," ujar Elly saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (16/3/2015), seperti dikutip dari www.metrotvnews.com, Kamis (19/3/2015).

Sebelumnya, harga beras yang mencapai Rp12.500 membuat pemerintah kota menggelar operasi murah. Di operasi itu, pemerintah kota menjual beras dengan harga Rp7.400 per Kg. Lantaran harga beras medium sudah turun, maka pemerintah kita tak akan lagi menggelar operasi pasar.

"Kalau sudah mengalami penurunan, kami tidak akan lagi melakukan operasi pasar murah," kata Elly.

Namun, kata Elly, operasi pasar bisa kembali dilakukan bila harga beras kembali naik. "Jadi jika harga beras medium masih terlalu tinggi, maka pemerintah masih harus melakukan operasi pasar murah. Sekarang juga ada beberapa Kecamatan yang meminta kembali untuk melakukan OPM, tapi kita akan tinjau terlebih dahulu ke tempat tersebut. Idealnya, harga beras medium berada di bawah Rp10 ribu," jelasnya. (lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini