Ads


» » » Menteri PUPR Dan Mendiknas Tinjau Jembatan Gantung Sinday Lebak Banten

Lebak, BeritaRayaOnline,-Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Mendiknas Anies Baswedan melakukan tinjauan pasca putusnya Jembatan Gantung Sinday, Senin(16/3/2015). Jembatan yang putus pada Selasa (10/3/2015) pukul 06.30 WIB lalu menghubungkan antara kampung Pasir Eurih, Desa Tambak, Cimarga dengan Kampung Sinday, Pajagan, Sajira‎, Lebak, Banten.

"Dalam membangun jalan maupun jembatan seharusnya ada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) serta biaya pemeliharaan"Ujar Basuki Hadimuljono.

Menurutnya Jembatan tersebut menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten Lebak dan rencananya Pemda Lebak akan membangun kembali namun sifatnya tidak permanen.

 Hal tersebut kata Basuki karena kawasan ini termasuk areal genangan Waduk Karian dan ini akan dimulai pembangunannya.

Untuk sementara warga menyeberang sungai dengan menggunakan perahu karet milik BNPB. BNPB menyediakan 3 unit perahu karet dan dioperasikan 24 jam untuk mengangkut siswa maupun warga dari desa Tambak ke desa‎ Sinday. Petuga BNPB bekerja dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Di malam hari karena aktivitas warga berkurang, kadang perahu karet ini dioperasikan oleh seorang warga tetapi tetap didampingi oleh petugas BNPB.

Jembatan Gantung Sinday memiliki bentang sepanjang 75 m, lebar 1,2 m dan tinggi pilon 2 m. Pondasi terdiri dari pasanga batu dan beton. Jembatan ini dibangun tahun 1991 atau sudah berusia 24 tahun. Pernah direhab besar dengan mengganti seluruh kawat penyangga antara sling baja dengan papan pijakan pada tahun 1998. Perbaikan dilakukan oleh warga setiap tahun dengan swadaya masyarakat yakni memperbaiki papan yang sudah lapuk atau bahkan patah.(ind/jons/puskom publik pupr/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini