Ads


» » » Menkes Menilai Pemrov Kepri Cukup Konsen Perhatikan Kesehatan Warganya

Batam, BeritaRayaOnline,-Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Juwita Anfasa Moeloek mengadakan kunjungan ke sejumlah daerah di Kepulauan Riau.

Menkes RI Nila Moeloek bersama Bupati Karimun Nurdin Basirun saat mengunjungi Puskesmas Moro, Kamis (5/3). Foto: Tri/Batam Pos
Menkes RI Nila Moeloek bersama Bupati Karimun Nurdin Basirun saat mengunjungi Puskesmas Moro, Kamis (5/3/2015).
(Foto: Tri/Batam Pos)
Dalam kunjungannya, ia menilai Pemprov Kepri cukup konsen memperhatikan kesehatan warganya. Ini terlihat dari pelayanan yang tersedia di puskesmas, terutama di daerah hinterland.Saat ini, puskesmas sudah menyediakan pelayanan rawat inap maupun rawat jalan. Walau jumlah tenaga medis sangat terbatas, terutama dokter spesialis, kata Menkes, tidak mengurangi semangat mereka untuk melayani kesehatan masyarakat.

“Ketika ada musibah tim medis cepat menangganinya,’’ ujarnya ketika mengunjungi Puskesmas di Moro, Kamis (5/3/2015) seperti dikutip dari www.batampos.co.id, Rabu siang (11/3/2015).

Bahkan ujar dia, saat tidak mampu ditangani, pasien langsung dirujuk ke RSUD yang ada di kabupaten.

”Sudah bagus puskesmas di sini Pak Bupati.Tinggal diperkuat saja tim medisnya. Kemudian nanti dari pusat akan mengirimkan tim untuk melakukan kajian apa saja yang perlu dibantu. Kita akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum, untuk membangun infrastruktur,” ujarnya kepada Bupati Karimun, Nurdin Basirun.

Dikatakannya, dalam penguatan layanan kesehatan di perbatasan, puskesmas sangat penting peranannya karena langsung berada di tengah masyarakat yang membutuhkan kesehatan. Untuk itu, Kementerian Kesehatan ke depannya, ujarnya, akan terus melakukan evaluasi.

Baik dari sisi tim medisnya maupun layanan kesehatan lainnya serta stok obat-obatan. Selain itu, dirinya mengharapkan dokter-dokter yang bertugas di perbatasan, agar bisa memaksimalkan peranannya dalam penanganan medis.

”Seperti ada pasien yang terkena DBD, bagaimana penanganan seorang dokter di sini. Kemudian, ketika betul-betul positif akan dikirim ke RSUD yang ada di kabupaten. Dari Kemenkes RI akan dibuat Rumah Sakit Regional, tapi atas persetujuan gubernur sesuai dengan UU,” tuturnya.

Sedangkan, dokter spesialis yang bertugas di perbatasan, ia mengakui ada keterbatasan. Untuk mengatasi masalah ini, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan profesi dokter guna mencarikan jalan keluarnya.

Seperti spesialis penyakit dalam, bedah, anatesis, kebidanan dan anak. Katanya, dalam penambahan ini perlu dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
”Kalau di Natuna, Pemkabnya berani membayar dokter spesial dan memberikan insentif secara bergantian setiap tahunnya kepada dokter spesialis. Saya berharap masyarakat jaga kesehatan, itu paling penting,” pesan Nila lagi.

Bupati Karimun, Nurdin Basirun, cukup senang atas kedatangan Menteri Kesehatan ke daerah perbatasan seperti Puskesmas Moro.

Karena, kesehatan sangat penting baik itu bagi masyarakat yang ada di Moro maupun di Kabupaten Karimun. Dengan kunjungan kerja Menteri Kesehatan tersebut, bisa melihat langsung kondisi puskesmas yang ada di pulau ini.

”Jarang-jarang menteri turun ke pulau terpencil ini. Dan beliau bisa melihat langsung bagaimana pelayanan puskesmas yang ada di pulau,” singkatnya.(lasman simanjuntak)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini